Verifikasi Validasi Peserta Didik (Verval PD)

Verifikasi Validasi Peserta DidikVerval PD, sebagian dari Anda mungkin belum mengetahui tentang hal ini. Padahal, bagi Anda yang memiliki buah hati yang bersekolah, mereka sebenarnya sangat dekat dengan hal ini. Ini dikeluarkan oleh Kemenag Kemdikbud yang merupakan salah satu bagian dari NISN. Anda bisa cek data di sini dengan cara login ke webnya lebih dulu.

Fungsi dari ini adalah Anda bisa menggunakannya untuk mengubah data siswa apabila ada data siswa yang mengalami kesalahan di dalam dapodik. Misalnya saja, ada kesalahan pada nama, tanggal lahir dan lainnya. Dengan ini, Anda bisa melakukan pengubahan. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Apa Fungsi dari Verval Peserta Didik Ini?

Untuk Anda yang belum mengerti apa saja fungsi dari ini baik yang Verval PD Kemenag ataupun Verval PD Kemdikbud, fungsinya sebenarnya cukup banyak. Pertama, Anda bisa menggunakannya untuk mengajukan NISN bagi siswa yang belum memilikinya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk mencari dan mencocokkan NISN bagi siswa yang datanya berbeda atau yang lupa NISN-nya sehingga belum diinput ke dalam dapodik.

Fungsi lain dari Verval Pd ini adalah untuk memilah NISN mana yang digunakan terbaru jika ditemukan NISN ganda dan juga bisa digunakan untuk perbaikan data individu siswa dalam NISN bila terdapat kesalahan seperti penulisan nama atau tanggal lahir atau nama kedua orang tua dari peserta didik tersebut.

Bagaimana Cara Daftar Verval Peserta Didik

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk daftar verval peserta didik ini. Untuk cara verval PD terbaru, Anda bisa mengakses web https://sdm.data.kemdikbud.go.id. Setelah itu, pilihlah menu yang bertuliskan registrasi yang bisa Anda akses dengan mengkil menu Edit Data yang ada di deretan menu bagian atas.

Lanjutkan dengan mengarahkan mouse dan klik register. Nantinya, akan muncul drop down menu dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sedangkan untuk cara mendaftar yang lama, Anda hanya perlu masuk ke web yang sama dan pilih menu registrasi. Setelah itu, pada kolom pengajuan, klik menu NISN.

Lanjutkan dengan pilih nama siswa yang ingin Anda daftarkan verval PD. Dengan langkah ini, Anda tak hanya bisa mendaftarkan verval bagi peserta didik saja. Namun, Anda juga bisa melakukan perubahan nama dan tanggal lahir dan masih banyak lagi. Namun, untuk melakukannya, Anda tentunya harus login verval PD lebih dulu.

Baca juga :

Cara Login Verval Peserta Didik

Untuk cara verval PD login sebenarnya mudah saja. Hal pertama yang harus Anda pastikan adalah koneksi internet yang bagus. Jika sudah, bukalah website resmi Kemdikbud di http://referensi.data.kemdikbud.go.id. Setelah itu, silahkan masuk dengan memasukkan username atau email dan password.

Tekan tombol log in dan Anda sudah berhasil masuk ke menu verval PD. Nantinya, di sana Anda akan menemukan beberapa menu yang memiliki fungsi tersendiri. Bagi yang belum tahu, ini dia beberapa menu beserta fungsinya yang bisa Anda gunakan dalam aplikasi tersebut.

Pertama, ada menu Home. Menu yang satu ini berguna untuk menampilkan data presentase berupa diagram lingkaran yang berisi data dan progres harian validasi data siswa yang dilakukan operator. Lalu, menu Referensi. Menu ini berfungsi untuk menampilkan data dari hasil verval PD yang sudah valid di antaranya data Dapodikdasmen dan PDSD-K.

Ada juga menu Residu. Menu yang satu ini akan menampilkan data peserta didik yang memiliki NISN yang belum sesuai dengan yang ada di Dapodiknas dan PDSP-K. Lalu, ada menu Belum Memiliki NISN. Sesuai namanya, menu ini menampilkan siswa yang belum memiliki NISN seperti siswa baru.

Ada juga menu Status Pengajuan Mutasi yang berisikan informasi rekan OPS yang sedang melakukan pengeditan data atau memperlihatkan data yang sudah diterima dan belum diterima. Ada juga menu Edit Data yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki data dan menu Log Out untuk keluar dari aplikasi verval PD.

Bagaimana Cara Memperbaiki Data Siswa yang Salah

Bagaimana Cara Memperbaiki Data Siswa yang Salah

Untuk memperbaiki data siswa yang salah, pertama Anda harus login ke alamat Kemdikbud lebih dulu dan masukkan username dan password sekolah lalu klik login. Di halaman verval PD, Anda akan menemukan beberapa menu yang sudah disebutkan sebelumnya. Pilih menu Edit Data dan pilih Pengajuan Nama dan Tanggal Lahir untuk mengubah kesalahan.

Nantinya, akan muncul kotak dialog berupa “persetujuan pengajuan perubahan identitas peserta didik akan dilaporkan oleh operator dinas pendidikan kab/kota setempat. Mohon dapat berkoordinasi dengan operator dinas pendidikan kab/kota setempat”. Jika ini sudah Anda terima, maka langsung klik OK saja.

Nantinya, akan muncul menu pilih siswa sehingga muncul daftar siswa yang ada di skeolah tersebut. Pilih nama siswa yang akan dilakukan perubahan datanya dan klik OK. Lalu, isilah data siswa sesuai dengan dokumen yang dimiliki. Jika sudah selesai, klik Pengajuan Perubahan yang ada di bagian bawah laman.

Langkah selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu konfirmasi dari Dinas Pendidikan setempat agar pengajuan perubahan data bisa disetujui. Setelah disetujui, dapodik akan melakukan sinkronisasi otomatis agar perubahan masuk ke dalam dapodik dan data tersebut diakui.

Nah, sahabat www.daftarpustaka.org itulah sekilas mengenai verval PD dan beberapa hal yang harus Anda ketahui. Setelah mengetahui apa fungsinya dan apa yang bisa Anda lakukan dengannya, maka Anda bisa melakukan perubahan data pada peserta didik sendiri dengan mudah bila terjadi kesalahan. Persetujuannya biasanya tak lama, hanya sekitar 3 hari kerja saja.