Ulasan Simple Present Tense Lengkap dengan Contoh Soal

Bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran penting di sekolah. Siswa juga perlu menguasai beragam jenis tenses termasuk simple present tense. Berikut akan dibahas mengenai pengertian simple present tense, rumus simple present tense, contoh kalimat simple present tense, dan contoh soal simple present tense.

Pengertian simple present tense

Mari kita mulai dengan pengertian simple present tense. Tenses ini biasa digunakan untuk mengungkapkan suatu hal yang sangat umum dan terjadi berulang kali. Singkatnya, tenses ini dipakai saat kita ingin mengatakan suatu kebenaran yang sifatnya sangat umum.

Jenis tenses yang satu ini sangat sering digunakan karena memang menunjukkan sebuah fakta yang sangat umum terjadi. Ada dua fungsi utama yang dimiliki oleh jenis tenses ini. Fungsi yang pertama adalah menyatakan sebuah fakta dan fungsi kedua adalah menyatakan sebuah aktivitas sehari-hari atau rutinitas.

Rumus Simple Present Tense

Apa yang dimaksud dengan simple present tense dan berikan contohnya?

simple present tense ini adalah sebuah tense yang di gunakan untuk menyatakan kejadian yang sedang berlangsung atau kejadian yang berulang - ulang (kebiasaan). Contohnya : (+) I go to Banjarmasin twice a week. (-) I don't go to Banjarmasin twice a week.

Rumus Simple Present Tense

Untuk membedakan penggunaan tenses ini dengan tenses lain, Anda perlu memahami rumusnya. Rumus ini perlu dipahami agar Anda bisa mengenali jenis tenses ini baik secara lisan maupun tulisan. Perlu diketahui bahwa tenses ini dibagi menjadi dua jenis yaitu verbal simple present dan nominal simple present.

1. Verbal Simple Present

Pada jenis verbal simple present, kata kerja akan menunjukkan sebuah tindakan yang ingin disampaikan. Berikut adalah rumus dari verbal simple present.

Kalimat positif :

Subject + Verb1 (+s/es) + Object

Kalimat negatif :

Subject + Do/Does + Not + Verb1 + Object

Kalimat tanya:

Do/Does + Subject + Verb1 + ?

Ada satu hal yang perlu diperhatikan yaitu penambahan s/es dalam kata kerja. Jika subjek merupakan he, she, dan it, maka dibutuhkan penambahan s/es/. Sementara itu do digunakan untuk subjek I, You, We, They dan does digunakan untuk subjek he, she, it.

2. Nominal Simple Present

Pada jenis nominal simple present prinsipnya digunakan kata kerja be atau to be. Berikut adalah rumus untuk kalimat menggunakan nominal simple present.

Kalimat positif:

Subject + to be (am/is/are) + Object

Kalimat negatif:

Subject + to be (am/is/are) + Verb1 + Object

Kalimat tanya:

To be (am/is/are) + Subject + Verb1 + ?

Pemakaian to be jangan sampai salah. Jika subjek adalah I maka memakai to be ‘am’. Jika subjek I, You, They, We menggunakan to beare’. Jika subjek merupakan he, she, it maka menggunakan to be ‘is’.

Contoh Simple Present Tense

Artikel Menarik lain :

Penggunaan simple present tense

Banyak jenis tenses yang perlu Anda pelajari jika ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik. Salah satu hal dasar yang harus dipahami saat belajar tenses adalah penggunaan dari masing-masing jenis tenses. Setiap jenis tenses memiliki penggunaan yang berbeda. Berikut adalah penggunaan untuk simple present yang perlu dipahami.

1. Menyatakan Rutinitas

Tenses ini digunakan untuk menyatakan sebuah rutinitas atau kejadian yang berlangsung berulang kali. Biasanya akan ada keterangan waktu yang menyatakan bahwa kejadian tersebut merupakan sebuah rutinitas. Keterangan waktu yang dipakai contohnya two times a day dan everyday.

2. Menyatakan Kebenaran yang Bersifat Umum

Tenses ini juga digunakan untuk menyatakan sebuah kebenaran yang sifatnya umum. Artinya kebenaran tersebut tidak bisa terbantahkan. Salah satu contoh kalimatnya adalah tiger eats meat everyday.

3. Menyatakan Emosi dan Pikiran

Simple present tense juga bisa digunakan saat kita ingin mengungkapkan emosi maupun pikiran. Contoh kalimatnya seperti he is so handsome dan I am very excited about this news.

4. Menyatakan Instruksi

Pemberian perintah atau instruksi juga dapat dilakukan dengan memakai jenis tenses yang satu ini. Biasanya kalimat ini sering kita temukan pada sebuah instruksi maupun resep masakan. Contoh kalimatnya adalah pour milk to the glass and add ice cubes.

5. Menyatakan Kondisi di Masa Depan

Simple present juga bisa digunakan untuk menyatakan sebuah kondisi yang akan datang. Hanya saja jangka waktunya sangat dekat dan sudah terjadwal atau sudah pasti akan terjadi. Contoh kalimatnya adalah the wedding party starts from 08.00 pm.

Sudut Pandang

Memahami tenses memang tidak sebatas tahu rumusnya saja. Anda juga perlu memahami jenis-jenis kalimat yang dibedakan berdasarkan sudut pandang orang. Berikut adalah beberapa jenis kalimat dan contoh kalimat simple present tense berdasarkan sudut pandang orangnya.

1. First Person Singular

Sudut pandang orang pertama tunggal menggunakan pronounI’ jika diri sendiri sebagai subjek. Sementara itu jika diri sendiri sebagai objek maka digunakan pronoun me/my/mine. Jenis kalimat dengan sudut pandang orang pertama ini biasa digunakan untuk menjelaskan diri sendiri dan kepemilikan.

Contoh:

I work as a content writer.

Yuda sent me a flower.

– This is my house.

2. First Person Plural

Sudut pandang orang pertama jamak menggunakan ‘we’ atau ‘us’ jika menjadi subjek. Sementara itu, Anda bisa menggunakan our/ours untuk menunjukkan kepemilikan.

Contoh:

– We are from Yogyakarta.

– She tells us about a creepy story.

– He is our son.

3. Second Person

Sudut pandang orang kedua menggunakan ‘you’ sebagai subjek. Sementara itu, untuk menunjukkan kepemilikan Anda bisa memakai your/yours.

Contoh:

– You are the best singer in this city.

– This is your book.

4. Third Person Singular

Sudut pandang orang ketiga tunggal menggunakan he/she/it. Biasanya jenis kalimat seperti ini digunakan saat kita menjelaskan tentang orang lain.

Contoh:

He is a dancer.

Joko speaks english fluently.

Don’t show your anger in front of her.

5. Third Personal Plural

Sudut pandang orang ketiga jamak juga digunakan untuk menjelaskan orang lain namun dalam jumlah jamak. Pronoun yang digunakan adalah they/them/their.

Contoh:

– They are very rich.

– I hate them.

– He makes them happy.

– Their house is very big.

Baca juga :

Contoh Soal Simple Present Tense

Bagi Anda yang tengah belajar bahasa Inggris, Anda juga harus paham bentuk-bentuk soal yang biasa dikeluarkan untuk menguji kemampuan. Seperti apa jenis simple present tense jika keluar dalam soal-soal tes? Berikut adalah beberapa contoh soal yang akan menguji pengetahuan Anda mengenai jenis tenses yang satu ini.

  1. Children always…their siblings.

a. Are loving

b. Love

c. Loves

d. Is loving

Jawab: b. Love

Children artinya anak-anak yang merupakan subjek lebih dari satu orang. Kata kerja yang mengikutinya tidak perlu diberi imbuhan apapun yaitu love.

  1. The girl always…the truth.

a. Is telling

b. Tells

c. Telling

d. Are telling

Jawab: b. Tells

Subjek pada kalimat ini adalah the girl yang termasuk dalam subjek he/she/it. Kata kerja yang mengikutinya harus diberi tambahan s/es.

  1. …to Curch everyday?

a. Does you go

b. Have you go

c. Do you go

d. Are you go

Jawab: c. Do you go

Pada kalimat tersebut, subjeknya adalah you yang menggunakan do bukan does.

  1. My brother and my father…to the office in the morning.

a. Drives

b. Driving

c. Drive

d. Are driving

Jawab: c. Drive

Pada kalimat ini subjeknya berupa subjek jamak. My brother and my father bisa diganti dengan they dan menggunakan kata kerja tanpa imbuhan s/es.

Itulah tadi sahabat daftarpustaka.org penjelasan singkat mengenai simple present tense. Kuncinya terletak pada pemahaman rumus dan fungsi dari tenses ini. Anda juga perlu memahami jenis subjek dan pasangan kata kerja yang perlu digunakan.