Mengenal Struktur Teks Debat, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Dalam bahasa Indonesia istilah debat merupakan bentuk pertukaran pendapat antara kedua belah pihak. Masing-masing pihak memiliki pendapat yang berbeda dengan argumennya yang kuat. Struktur teks debat tidak sama dengan pidato. Ada unsur pertentangan di dalamnya.

Contoh debat yang sederhana misalnya pada saat pemilihan presiden atau kepala daerah. Di televisi kamu bisa melihat penampilan kandidat-kandidat atas visi misi mereka dengan alasan dan pemikiran yang berbeda. Debat akan membuat orang bisa menilai pendapat dan pemikiran orang atau kelompok.

Ciri-Ciri Debat

Berbeda dengan diskusi biasa, ciri-ciri debat bisa kamu simak berikut ini:

  • Melibatkan dua pihak yang berbeda yakni pihak afirmasi dan  oposisi.
  • Biasanya menggunakan dua sudut pandang yang berbeda terhadap sebuah isu, ada yang pro dan ada yang kontra.
  • Menampilkan argumentasi yang kuat dalam penyampaian.
  • Ada isu atau tema untuk jadi bahan perdebatan.
  • Ada pihak penengah yang netral.

Struktur Teks Debat

Struktur debat secara umum bisa kamu simak di bawah ini:

1. Pengenalan

Pada tahapan awal adalah pengenalan. Akan ada moderator yang mengenalkan kedua belah pihak. Dalam teks pun demikian. Pihak moderator atau pembawa acara memperkenalkan lebih dulu kedua tim yang berdebat. Pembawa acara juga berhak memandu dan mengintervensi berlangsungnya debat.

2. Argumentasi

Tahapan kedua untuk struktur debat ini adalah penyampaian argumentasi. Kedua belah pihak menyampaikan argumentasi pandangan terhadap tema yang jadi pembahasan. Ada pihak yang pro dan ada yang kontra. Termasuk pihak yang netral, semua menyampaikan argumentasi lebih dulu.

3. Debat

Struktur selanjutnya untuk teks debat adalah debat itu sendiri. Di tahapan ini kedua belah pihak antara afirmasi dan oposisi saling melakukan sanggahan terhadap argumen masing-masing. Pada tahapan akhir, pihak netral yang akan hadir menengahi jalannya debat yang ada.

4. Kesimpulan

Pada tahap ini merupakan bentuk kesimpulan dari hasil debat. Bukan hanya kesimpulannya saja, tetapi juga semua argumen perlu jadi catatan pada tahap kesimpulan ini. Argumen kedua belah pihak jadi catatan kesimpulan.

5. Penutup

Tahapan penutup ini dilakukan oleh moderator dengan menyimpulkan hasil-hasil debat sehingga para pendengar bisa mengambil manfaat dan informasi yang lebih banyak atas banyaknya argumen yang ada.

Contoh Teks Debat

Struktur Teks Debat yang Harus Diketahui

Berikut ini contoh teks debat yang bisa Anda simak sesuai dengan strukturnya:

Tahap Pengenalan:

Rekan-rekan sekalian, saat ini kita sudah bersama dengan dua tim dalam acara debat kebangsaan kali ini. Tim pertama adalah tim A yang akan mengemukakan sikap setuju mereka terhadap kebijakan kenaikan BBM oleh pemerintah.

Sedangkan tim B adalah tim yang akan memberikan sanggahan dan tidak setuju dengan kebijakan tersebut. Kita akan sama-sama dengarkan kebijakan argumentasi dari masing-masing pihak. Kepada tim A silakan menyampaikan argumen selama 5 menit dan kemudian tim B menyampaikan argumennya juga waktu yang sama.

Argumentasi

Tim A:

Kami menyatakan tidak setuju dengan kebijakan kenaikan BBM oleh pemerintah yang berdalih agar subsidi tidak tepat sasaran. Kebijakan pemerintah kali ini sangat melukai rakyat. Catatan kami kenapa kami menolak kebijakan pemerintah karena beberapa hal. Pertama, pemerintah masih lemah dalam hal kontrol penyaluran subsidi ke pihak yang tepat.

Ada banyak orang yang seharusnya tidak mendapatkan subsidi tapi malah mendapatkan bantuan BLT dari pemerintah. Akibatnya masyarakat yang membutuhkan justru tidak mendapatkan haknya. Kedua, alasan kami menolak kenaikan BBM adalah dampak kenaikan BBM ini sangat signifikan.

Semua barang naik, transportasi naik, semua kebutuhan hidup naik. Kebutuhan yang sudah naik itu tak akan bisa turun lagi, dan dampaknya sangat buruk bagi masyarakat.

Tim B:

Kami setuju dengan kebijakan pemerintah untuk mencabut subsidi BBM dalam rangka penyaluran yang lebih tepat sasaran. Selama ini penyalurannya tidak tepat karena banyaknya orang kaya yang masih memakai BBM bersubsidi.

Tim Netral:

Pemerintah perlu berhati-hati dalam membuat kebijakan kenaikan BBM. Penuh perhitungan dan harus memastikan penyaluran subsidi kali ini harus tepat sasaran.

Tahapan Kesimpulan

Dari hasil debat kita terlihat kelompok pro kebijakan menekankan pada pentingnya penyaluran subsidi yang tepat sasaran, sedangkan pihak yang kontra meragukan penyaluran yang tepat sasaran tersebut karena sudah banyak buktinya. Fakta di lapangan banyak rakyat menderita. Sebagai solusinya pemerintah harus mengkaji kebijakan ini dan memastikan penyaluran subsidi tepat sasaran.

Tahapan Penutup

Demikian acar debat kita kali ini. Kamu bisa mengambil kesimpulan mana kebijakan yang paling logis dan tepat untuk rakyat.

Demikian contoh teks debat beserta strukturnya di atas yang bisa kamu jadikan acuan.

Struktur teks debat pada dasarnya membuat kesimpulan agar tidak ada perselisihan setelah debat. Penutup dan kesimpulan yang adil oleh moderator akan membuat peserta debat merasa terwakili secara argumentasi. Kamu siap mencoba acara debat?