Bacaan Doa Qunut Nazilah Lengkap Tulisan Arab & Latin

Kesungguhan dalam berdoa kepada Allah SWT harus diterapkan oleh semua umat muslim. Salah satunya adalah lewat doa qunut. Berikut akan dibahas mengenai bacaan qunut meliputi doa qunut latin, doa qunut subuh, doa qunut nazilah. Tak lupa akan diberikan juga tata cara doa qunut dan artinya.

Bacaan Doa Qunut Nazilah Lengkap Tulisan Arab & Latin

Pengertian

Sebelum memahami dan menghafalkan bacaan qunut, tentu Anda harus tahu dulu apa itu pengertian dari qunut. Menurut bahasa Arab, qunut memiliki makna kesungguhan, ketaatan, kepatuhan, diam, dan berdiri lama. Jika diartikan dalam kegiatan beribadah, qunut ini bisa bermakna kesungguhan dan ketaatan sebagai hamba Allah SWT.

Qunut juga bisa dimaknai sebagai permohonan ampun atas dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan. Selain itu qunut juga bisa berarti memberikan pujian kepada Allah SWT yang maha besar dan maha kuasa. Doa qunut ini bisa dibaca saat kita sedang mengerjakan salat bisa salat wajib maupun salat sunah.

Rasulullah SAW selalu membaca qunut selama satu bulan penuh ketika terjadi musibah yang menimpa qurra’ di sumur Ma’unah. Qurra’ merupakan sahabat Rasulullah SAW yang hafal bacaan Al-Qur’an. Berikut adalah hadis yang menjelaskan mengenai bacaan qunut:

“Rasulullah SAW apabila hendak mendoakan untuk kebaikan seseorang atau doa atas kejahatan seseorang, maka beliau doa qunut setelah rukuk.” (HR. Bukhori dan Ahmad)

Macam-Macam Qunut dan Bacaannya

Ada tiga jenis bacaan qunut yang dibaca pada saat berbeda. Sebagai umat muslim yang taat kepada Allah, tentu kita harus bisa memahami bacaan qunut ini dan mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari. Berikut adalah 3 macam bacaan qunut yang perlu Anda pahami, hafalkan, dan terapkan.

Qunut Witir

Sesuai dengan namanya bacaan qunut ini dilafalkan ketika Anda mengerjakan salat witir. Salat witir adalah salat sunah yang dilakukan di malam hari. Salat ini dapat dikerjakan setelah waktu salat isya dan sebelum memasuki waktu salat subuh. Jumlah rakaat salat witir selalu ganjil dan bisa dilakukan sendiri maupun berjamaah.

Berikut adalah bacaan qunut setelah salat witir:

Allahummahdini fiiman hadayta wa aafinii fiiman aafyata wa tawallanii fiiman tawallayta wa baariklii fiiman a thoyta waqinii syarro maa qodhoyta walla yuqdhoo alaika wa innahu laa yadzillu man waalayta walaa ya izzu man aadayta tabaarakta robbanaa wa ta aalayta.

Artinya:

Ya Allah berilah aku hidayah sehingga aku termasuk orang yang mendapat hidayah, beri aku keselamatan sehingga aku termasuk orang yang selamat, jadikanlah aku mencintai-Mu sehingga aku termasuk di antara orang-orang yang mencintai-Mu, berkahilah apa-apa yang Engkau berikan kepadaku, lindungilah aku dari takdir yang buruk, sungguh Engkaulah yang menerapkan takdir dan tidak ada selain Engkau yang menetapkan takdir, karena orang yang Engkau cintai tak akan terhinakan, dan orang yang Engkau musuhi tidak akan mulia. Maha Suci dan Maha Tinggi Engkau Rabb kami.

(HR. At Tirmidzi No.464, Abu Daud No.1425, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abu Daud)

Bacaan qunut ini bisa dibaca saat salat witir sendiri atau berjamaah. Namun ada bagian yang berbeda pada bacaan qunut jika Anda menjadi imam. Berikut adalah bacaan qunut yang perlu dilafalkan oleh imam:

Allahummahdinaa fiman hadait, wa ‘aafunaa fiiman ‘aafait, wa tawallanaa fiiman tawallait, wa baarik lanaa fiima a’thoit, wa qinaa syarro maa qhodoit. Fa innaka taqdhi wa laa yuqdho’alaik, wa innahu laa yadzillu man waalait, tabaarokta robbanaa wa ta’aalait.

Bagian yang dicetak miring tersebut dibaca keras oleh imam. Sementara bagian yang lain dibaca lirih. Bagian yang dibaca lantang merupakan doa sedangkan bagian yang dibaca lirih adalah pujian bagi Allah SWT. Setelah membaca qunut, imam bisa menutupnya dengan melafalkan shalawat.

Sementara itu jamaah yang ikut salat bersama imam juga harus mengamini doa yang dilafalkan oleh imam. Bagian yang perlu diamini adalah bagian yang dibaca lantang oleh imam. Sementara bagian pujian yang dibaca lirih tidak perlu diamini oleh jamaah.

Doa Qunut Subuh

Bacaan qunut ini bisa Anda lafalkan setelah melakukan salat subuh. Agar pahalanya semakin banyak, silakan lakukan salat sunah dua rakaat sebelum salat subuh. Berikut adalah bacaan qunut subuh.

Allahummahdini fi man hadait, wa afini fi man afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barikli fi ma a thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha alaik, wa innahu la yazillu man walait, wa la ya izzu man adait, tabarakta rabbana wa ta alait, fa lakal hamdu a la ma qadhait, wa astaghfiruka wa ‘atubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidinia muhammadin nabiyyil ummiyi wa ala alaihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya:

Ya Allah, kumpulkanlah aku bersama orang-orang yang menerima petunjuk-Mu, selamatkan diriku ke dalam kelompok orang yang Kau lindungi dari bala dunia dan akhirat, sertakan aku bersama mereka yang Kau pelihara dari dosa, turunkan berkah-Mu untukku dalam semua anugerah-Mu, jauhkan diriku dari dampak buruk yang Kau gariskan. Karena sungguh Engkau yang memutuskan, bukan menerima putusan. Sungguh tiada hina orang yang Kau bimbing. Dan tiada mulia orang yang Kau musuhi. Wahai Tuhan kami, Engkau Maha Suci dan Maha Tinggi. Segala puji bagi-Mu atas segala putusan-Mu. Aku memohon ampun dan bertobat kepada-Mu.”

Doa Qunut Nazilah

Bacaan qunut berikutnya adalah qunut nazilah. Qunut ini dilafalkan untuk menangkal berbagai malapetaka yang tidak kita harapkan kedatangannya. Bacaan qunut ini dibaca setiap kali salat wajib. Qunut dibaca setelah melakukan rukuk pada rakaat terakhir.

Baik saat salat berjamaah maupun sendiri, bacaan qunut ini bisa dilafalkan. Jika qunut dibaca saat salat zuhur dan ashar maka cukup dilafalkan secara lirih. Sementara itu jika qunut dibaca saat salat maghrib, isya, dan subuh maka harus dilafalkan dengan keras.

Berikut adalah bacaan qunut nazilah:

Allahumma inna nasta inuka wa nastaghfiruk, wa nastahdika wa nu’minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsni ‘alaikal khaira kullahu nasykuruka wa la nakfuruk, wa nakhla’u wa natruku man yafjuruk. Allahumma iyyaka na’budu, wa laka nushalli wa nasjud, wa ‘ilaika nas’a wa nahfid, narju rahmataka wa nakhsya adzabak, inna adzabakal jidda bil kuffari mulhaq.

Artinya:

Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu.

Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan salat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kamu mengharap rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir.

Tata Cara

Anda mungkin sudah bisa melafalkan bacaan qunut. Jika kesulitan untuk menghafal, Anda bisa menggunakan doa qunut latin sebagai acuan. Lalu kapan kita sebaiknya melafalkan bacaan qunut dan seperti apa tata caranya? Berikut penjelasannya.

1. Pada saat Salat

Bacaan qunut disunahkan untuk dilafalkan saat kita melakukan salat. Baik saat salat wajib seperti subuh, zuhur, asar, maghrib, dan isya maupun salat sunah seperti witir. Doa ini dibaca setelah kita melakukan rukuk pada rakaat terakhir. Doa dibaca setelah Anda melafalkan doa iktidal.

2. Saat Terjadi Bencana

Umat Islam juga disunahkan membaca qunut jika sedang terjadi suatu musibah atau bencana. Bacaan qunut yang dilafalkan saat terjadi bencana ini disebut qunut nazilah. Ketika musibah sudah berlalu maka doa ini tidak perlu dilafalkan kembali. Hal ini disebabkan fungsi doa tersebut memang sebagai penangkal musibah atau bencana.

3. Mengangkat Dua Tangan

Pada saat melafalkan bacaan qunut kita disunahkan untuk mengangkat kedua tangan. Menghadapkan kedua tangan ke langit menunjukkan bahwa kita sedang meminta kebaikan kepada Allah. Setelah selesai melafalkan doa, Anda bisa langsung menurunkan kedua tangan tanpa harus mengusap wajah.

4. Ucapkan dengan Perlahan dan Penuh Kesungguhan

Sama halnya seperti saat kita berdoa setelah salat, kita harus mengucapkan doa kita dengan perlahan dan penuh kesungguhan. Allah pasti akan mengabulkan doa kita jika kita memanjatkannya dengan penuh kesungguhan dan ketulusan. Pastikan Anda melafalkan bacaan qunut dengan baik dan penuh kepasrahan kepada Allah.

Manfaat Membaca Qunut

Mengapa kita perlu memahami doa qunut dan artinya serta mempraktikkannya di kehidupan sehari-hari? Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan melafalkan bacaan qunut. Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Qunut

1. Kesejukan Hati

Membiasakan diri membaca qunut saat melakukan salat akan memberikan kita kesejukan hati. Sama halnya dengan doa-doa yang lain. Hati kita pasti akan merasa sejuk dan damai dengan memanjatkan doa dan pujian kepada Allah.

2. Kepasrahan kepada Allah

Bacaan qunut yang kita lafalkan menjadi tanda bahwa kita pasrah kepada Allah. Inilah sifat yang seharusnya kita miliki sebagai seorang muslim. Doa ini bisa membantu kita untuk selalu ingat dan memasrahkan diri kepada Allah. Bagaimanapun juga Allah adalah penentu kehidupan kita dan kita harus berpasrah hanya kepada-Nya.

3. Memberi Petunjuk

Dalam hidup ini kita tentu selalu dihadapkan pada berbagai pilihan yang seringkali membuat kita ragu. Melafalkan bacaan qunut juga bisa menjadi cara bagi kita untuk memohon petunjuk dari Allah.

4. Ketaatan dalam Beribadah

Bacaan qunut juga bisa meningkatkan ketaatan kita dalam beribadah. Semakin banyak doa-doa yang kita panjatkan kepada Allah maka makin kuat pula hati kita dalam beribadah. Kita juga akan semakin bersemangat dalam beribadah karena keinginan untuk selalu memanjatkan doa kepada Allah.

5. Perlindungan dari Allah

Melafalkan bacaan qunut di tengah salat menjadi salah satu bentuk permohonan kita atas perlindungan Allah. Terutama untuk qunut nazilah yang dilafalkan untuk menangkal berbagai musibah dan bencana yang bisa menimpa kita. Bacaan qunut yang kita lafalkan setiap salat akan membantu kita terlindungi dari berbagai bahaya.

6. Rahmat dari Allah

Qunut juga bisa membuat kita selalu dirahmati Allah SWT. Dalam setiap bacaan qunut kita memohon kepada Allah agar kita selalu menjadi hambanya yang penuh rahmat dan anugerah. Sebagai hamba Allah tentu saja kita selalu mengharapkan anugerah yang tak terhingga dari-Nya.

7. Pahala dari Allah

Sebagai umat muslim apa lagi yang kita kejar di dunia ini jika bukan pahala dari Allah? Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya di dunia. Salah satunya adalah dengan melafalkan bacaan qunut saat salat. Sederhana namun bisa memberi kita pahala yang begitu berarti.

Nah sahabat daftarpustaka.org setelah mengetahui berbagai manfaat membaca doa qunut dalam setiap salat, tentu kita harus segera menerapkannya. Berbagai kebaikan menanti kita jika kita terbiasa melafalkan bacaan qunut. Semoga qunut bisa melindungi kita dari berbagai bahaya dan menerangi langkah kita dengan anugerah Allah SWT.