5 Tips Cara Mengendalikan Emosi di Depan Anak | Daftar Pustaka

5 Tips Cara Mengendalikan Emosi di Depan Anak

Sebagai manusia biasa, orang tua juga pastinya juga memiliki emosi. Namun emosi meledak-ledak di depan anak akan memberikan banyak pengaruh buruk pada tumbuh kembangnya. Untuk itu orang tua seharusnya tahu bagaimana cara mengendalikan emosi di depan anak.

Orang tua yang tidak bisa mengendalikan emosi, terlebih di depan anak akan memberikan banyak efek negatif. Beberapa akibat seperti anak memiliki sifat penakut hingga anak tidak bisa mengontrol emosi dan memiliki kecenderungan bersifat kasar merupakan sedikit diantaranya.

cara mengendalikan emosi di depan anak

Penyebab Emosi Orang Tua Sulit Mengontrol Emosi

Sebelum mengetahui bagaimana tips terbaik cara mengendalikan emosi di depan anak. Sebaiknya ketahui dulu apa yang menyebabkan orang tua kesulitan mengontrol emosi. Terlebih emosi yang berhubungan dengan anak.

Pasalnya sudah banyak orang tua yang mengaku mereka seringnya bisa mengontrol emosi dengan baik. Namun ketika berhadapan dengan anak, perasaan dan emosi justru meledak-ledak.

Berikut ini merupakan beberapa penyebabnya.

1. Rasa Takut Berlebihan

Orang tua pastinya memiliki ketakukan tersendiri bila berkaitan dengan anak. Orang tua mungkin takut sebuah kejadian akan melukai dan mencelakaan anak. Bisa juga, orang tua takut tindakan sang anak akan menjadi kebiasaan jangka panjang.

Rasa takut yang dirasakan berlebihan ini membuat orang tua kesulitan mengontrol emosi. Demi menghindarkan anak dari efek buruk selanjutnya, orang tua cenderung meluapkan rasa marah dan emosi berlebihan.

2. Stress

Faktor stress juga menjadi alasan lain mengapa orang tua kesulitan mengontrol emosi. Stress memang membuat seseorang kehilagan kemampuan dalam mengontrol perasaan dan emosi yang dimiliki. Sayangnya pada orang tua, hal ini bisa berakibat dengan meluapkan emosi di depan anak.

3. Kurang Support System

Support system dipercaya akan membantu orang tua dalam mengontrol emosi dan perasaan yang dimiliki. Sehingga di depan anak, orang tua akan mampu mengatasi emosi hingga tidak meluap-luap.

Kurangnya support system membuat orang tua merasa seorang diri untuk menghadapi berbagai masalah. Pada akhirnya hal ini membuat mereka kehilangan kendali akan emosi yang dirasakan.

Tips Cara Mengendalikan Emosi di Depan Anak

1. Manajemen Emosi

Tips pertama agar emosi di depan anak tidak meledak-ledak adalah dengan mengatur emosi tersebut. Sebelum langsung merasa marah karena anak melakukan kesalahan, sebaiknya atur dulu emosi apa yang seharusnya orang tua rasakan. Setelah itu baru kontrol emosi tersebut.

Manajemen emosi memang bukan cara mudah dilakukan. Orang tua mungkin memerlukan banyak waktu untuk belajar dalam mengontrol dan mengendalikan emosi yang dimiliki.

2. Pelajari Situasi

Orang tua memang dituntut untuk bertindak tegas dan cepat. Terlebih berkaitan dengan hal-hal yang nantinya bisa membahayakan anak. Namun tindakan cepat ini sering kali berakibat dengan emosi yang tidak terkontrol.

Untuk itu orang tua juga disarankan agar mempelajari situasi lebih dulu. Pelajari apa yang menyebabkan situasi tersebut terjadi, efek dari keadaan tersebut, serta bagaimana cara menyikapinya.  Dengan mempelajari situasi, orang tua juga memberikan waktu pada diri sendiri untuk mengontrol emosi.

3. Jeda Untuk Menenangkan Diri

Pada beberapa situasi, orang tua mungkin merasa terlalu lelah, kesal, marah, sedih, dan berbagai perasaan lain yang bercampur aduk. Akumulasi dari berbagai perasaan ini akan bisa membuat orang tua kesulitan untuk mengontrol emosi. Dimana hal ini akan memberikan pengaruh buruk pada anak.

Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengambil jeda waktu. Orang tua mungkin bisa mengambil jeda waktu untuk menenangkan diri. Sekaligus juga mengatur perasaan serta emosi yang dimiliki. Jeda waktu ini bisa saja mulai dari beberapa menit hingga seharian penuh.

4. Berhitung Mundur

Namun bagaimana bila orang tua tidak bisa mengambil jeda waktu untuk menenangkan diri. Bila hal ini terjadi, orang tua bisa mencoba untuk berhitung mundur. Sebelum emosi menguasai dan meledak-ledak, orang tua bisa lebih dulu berhitung mundur untuk menenangkan diri. Tarik nafas dalam-dalam lalu hitung mundur dari 20 hingga 1. Lakukan hingga merasa tenang.

5. Jangan Berkata Kasar

Orang tua seringnya bukan hanya tidak mampu mengendalikan emosi. Melainkan membiarkan emosi tersebut meledak-ledak hingga akhirnya berkata kasar bahkan memukul anak.

Tindakan tersebut tentu saja sama sekali tidak bisa dimaklumi. Untuk itu bila kesulitan untuk mengendalikan emosi, lakukan segala cara agar tidak berkata kasar. Anda mungkin bisa mencoba pergi ke ruangan lain lebih dulu untuk menenangkan dan mengontrol emosi.