Contoh Pidato Perpisahan Sekolah

pidato perpisahan

Pidato perpisahan akan menjadi sebuah kenangan. Agar terasa indah, pidato perpisahan sekolah harus dipersiapkan dengan baik. Berikut akan diberikan panduan menyusun teks pidato perpisahan sekolah meliputi pidato perpisahan SD, contoh pidato perpisahan kelas 7, hingga contoh pidato perpisahan pendek

PIDATO PERPISAHAN SEKOLAH UNTUK SD, SMP, SMA

Rumus Pidato

Pidato bisa diartikan sebagai penyampaian sebuah pikiran kepada orang banyak. Pada acara perpisahan sekolah, pidato perpisahan dilakukan untuk menyampaikan ucapan berpisah. Agar bisa berpidato dengan baik dan lancar, Anda perlu menyusun sebuah teks pidato terlebih dahulu.

Teks pidato perpisahan memiliki rumus atau aturan struktur yang harus dipatuhi. Bagian pertama adalah pembukaan yang berisikan salam pembuka, ucapan penghormatan, serta ucapan syukur. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan isi pidato. Kemudian ada bagian penutup yang berisi kesimpulan, permintaan maaf, dan salam.

Pidato Perpisahan untuk SD

Berikut adalah contoh pidato perpisahan SD:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Bapak Kepala Sekolah, Bapak Ibu Guru, dan orang tua siswa yang terhormat, serta teman-teman dan adik kelas yang tersayang. Pertama-tama mari kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberi berkah sehingga kita bisa berkumpul di tempat ini dalam acara perpisahan.

Saya berdiri di sini mewakili teman-teman kelas 6 yang telah lulus dari sekolah ini. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua guru yang telah mendidik kami dengan penuh kesabaran. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada adik-adik kelas yang telah menjadi teman kami di sekolah.

Banyak kesalahan yang telah kami lakukan selama bersekolah di sini. Saya dan teman-teman kelas 6 ingin meminta maaf atas semua kesalahan yang kami lakukan baik disengaja maupun tidak. Kami juga minta doa restu agar kami bisa melanjutkan ke SMP yang kami inginkan.

Tidak lupa saya dan teman-teman berdoa agar bapak ibu guru selalu sehat serta bisa membimbing adik-adik kelas sampai lulus. Kami juga berdoa agar adik-adik kelas bisa lancar bersekolah sampai tingkat paling tinggi. Kami berjanji akan terus belajar dengan rajin dan menjadi anak yang berbakti.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan mewakili teman-teman kelas 6. Mohon maaf apabila ada ucapan dari saya yang kurang berkenan. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Baca juga : Syarat Beasiswa Bank Indonesia dan Cara Mendapatkanya

Pidato Perpisahan untuk SMP

Berikut adalah contoh pidato perpisahan sekolah untuk SMP:

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati. Bapak Ibu Guru yang saya hormati. Bapak Ibu wali murid yang saya hormati, serta teman-teman dan adik-adik yang saya cintai. Pertama-tama, mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang sudah memberikan rahmat sehingga kita bisa berkumpul di acara perpisahan ini.

Bapak Ibu Guru yang saya hormati, perkenankanlah saya dalam kesempatan ini mewakili teman-teman saya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas semua perjuangan Bapak Ibu mendidik kami sehingga kami lulus dengan nilai yang memuaskan. 

Bapak Ibu Guru yang saya hormati, selama tiga tahun kami bersekolah menuntut ilmu di sekolah ini telah banyak yang kami alami. Selama itu Bapak Ibu Guru dengan sabar membimbing kami. Kami telah menganggap Bapak Ibu Guru sebagai orang tua kami sendiri.

Bapak Ibu Guru yang saya hormati dan adik-adik yang saya cintai, kini telah tiba waktunya bagi kami untuk meninggalkan sekolah ini. Tentu sangat berat bagi kami meninggalkan sekolah ini. Kami berharap di sekolah kami berikutnya, kami bisa membawa nama baik SMP ini.

Sebelum kami meninggalkan sekolah ini, izinkan kami memohon maaf sedalam-dalamnya atas semua kesalahan kami. Kami sadar bahwa ada banyak kesalahan kami selama bersekolah di sini. Kami berdoa agar Bapak Ibu Guru dan adik-adik semua selalu diberi kesehatan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. 

Saya tutup pidato pamitan ini dengan meminta doa restu kepada Bapak Ibu Guru dan adik-adik. Doakan kami agar kami bisa melanjutkan pendidikan di sekolah yang sesuai harapan kami. Demikian yang dapat saya sampaikan, saya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Pidato Perpisahan untuk SMA

Berikut adalah contoh pidato untuk perpisahan lulus SMA:

Salam sejahtera bagi kita semua.

Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah dan Bapak Ibu Guru. Teman-teman kelas 12 yang saya cintai dan adik-adik kelas 10 serta kelas 11 yang saya banggakan. Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang telah memberikan anugerah dan mengizinkan kita berkumpul pada acara perpisahan ini. 

Pada kesempatan kali ini, saya mewakili teman-teman kelas 12 ingin menyampaikan pidato perpisahan kepada bapak ibu guru serta adik-adik kelas. Setiap pertemuan selalu diakhiri dengan perpisahan. Kini sudah waktunya bagi saya dan teman-teman kelas 12 untuk pergi dari sekolah ini. 

Terima kasih banyak kepada Bapak Ibu Guru yang telah menyayangi dan membimbing kami selama 3 tahun ini. Saya dan teman-teman bisa sampai di titik ini berkat bimbingan dari Bapak Ibu Guru semua. Kini saya dan teman-teman sudah siap untuk melanjutkan perjalanan ke jenjang yang lebih tinggi.

Terima kasih kepada adik-adik kelas yang sudah menjadi teman kami selama kami bersekolah di sini. Semoga kalian selalu diberikan kesehatan dan bisa meraih cita-cita kalian masing-masing. Kami mengucapkan pamit dan berpesan agar adik-adik semua selalu rajin belajar. 

Terakhir, saya ingin mengucapkan maaf atas semua kesalahan kami selama bersekolah di sini. Selamat berpisah dan sampai berjumpa lagi di lain kesempatan. Sekian pidato dari saya, maaf apabila ada kata yang kurang berkenan. Terima kasih. 

Baca Juga : Tips dan syarat mendapatkan beasiswa gerbang raja

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 7 untuk Kelas 9

Berikut adalah contoh pidato perpisahan kelas 7 untuk kakak kelas 9:

Pidato 1

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Kepada yang terhormat Bapak Ibu guru. Kepada yang saya cintai dan saya banggakan teman-teman serta kakak-kakak kelas 9.

Mari kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan atas segala rahmat dan anugerah yang telah diberikan kepada kita. Kini kita bisa berkumpul di ruangan ini dalam acara perpisahan untuk kakak-kakak kelas 9. Saya di sini mewakili teman-teman ingin memberikan sedikit kata perpisahan kepada kakak-kakak semua.

Kami mengucapkan selamat atas keberhasilan kakak-kakak dalam menempuh ujian dan lulus dari sekolah. Perjuangan kakak-kakak semua selama tiga tahun bersekolah telah terbayar lunas. Kini kakak-kakak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kami sebagai adik kelas ingin mengucapkan terima kasih kepada kakak-kakak karena telah ikut membimbing kami selama bersekolah di sini. Selama kami berteman dengan kakak-kakak, mungkin kami memiliki banyak kesalahan baik disengaja maupun tidak. Saya mewakili teman-teman di sini ingin meminta maaf dengan tulus.

Kami doakan kakak-kakak semua bisa sukses di sekolah baru. Semoga kakak-kakak bisa terus melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Doakan kami juga agar lancar belajar dan bisa seperti kakak-kakak semua. 

Sekian kata perpisahan dari saya. Terima kasih kepada teman-teman dan Bapak Ibu Guru yang sudah memberi kesempatan. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pidato 2

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi Bapak Kepala Sekolah dan Bapak Ibu Guru yang terhormat. Selamat pagi teman-teman kelas 7 dan kakak-kakak kelas 8 maupun kelas 9. Mari kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas izinnya kita bisa berkumpul di sini dalam acara perpisahan untuk kakak kelas 9.

Selamat untuk kakak-kakakku semua karena sudah melewati ujian dengan baik dan lulus dengan nilai memuaskan. Semoga bekal ilmu yang kakak dapatkan selama di sekolah ini bisa bermanfaat di masa depan. Semoga kakak-kakakku semua bisa melanjutkan sekolah di tempat yang sesuai harapan.

Atas nama teman-teman saya, saya ingin memohon doa kepada kakak-kakakku semua. Doakan kami agar kami sukses belajar di sekolah ini. Doakan kami agar kami bisa membuat bangga Bapak Ibu Guru dan membawa nama baik sekolah ini. 

Sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kesalahan yang kurang berkenan. Selamat jalan kakak-kakakku semua. Sampai bertemu lagi di masa depan setelah kita sukses bersama-sama!

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Perpisahan Pendek dan Mengharukan

Berikut adalah contoh pidato perpisahan pendek dan mengharukan:

Contoh Pidato 1

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Bapak Kepala Sekolah dan Bapak Ibu Guru yang saya hormati dan saya cintai. Adik-adik kelas yang saya cintai. Serta tak lupa, teman-teman saya yang saya banggakan. Puji syukur kepada Tuhan karena atas berkah yang diberikan kita semua bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.

Izinkanlah saya mewakili teman-teman saya menyampaikan sedikit kata-kata perpisahan. Saya dan teman-teman kini telah menyelesaikan program belajar kami di sekolah ini. Waktunya telah tiba bagi kami untuk berpamitan karena kami harus melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi.

Bapak Ibu Guru yang saya hormati, terima kasih banyak karena telah membimbing saya dan teman-teman. Jasa dan kebaikan Bapak Ibu Guru tidak akan pernah bisa kami lupakan. Maafkan kami jika kami sering bandel dan membuat Bapak Ibu Guru kesal. Semoga Bapak Ibu Guru selalu diberi kesehatan dan rezeki yang melimpah.

Sekian yang dapat saya sampaikan. Saya mohon maaf kepada Bapak Ibu Guru dan teman-teman semua jika ada kesalahan yang kurang berkenan. Terima kasih banyak untuk waktu yang telah diberikan kepada saya.

Salam.

Contoh Pidato 2

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Puji syukur kepada Allah yang telah memberi kita kesempatan dan kesehatan sehingga bisa berkumpul di tempat ini. Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah dan Bapak Ibu Guru. Kepada teman-temanku semua yang saya cintai, izinkanlah saya menyampaikan sedikit kata perpisahan pada kesempatan ini.

Hari ini adalah waktunya bagi kami untuk meninggalkan sekolah ini. Kami harus melanjutkan perjalanan kami ke tingkat yang lebih tinggi. Berat sekali bagi kami namun kami tetap harus melangkah. Kami ingin mengucapkan terima kasih dan memohon maaf dengan tulus kepada Bapak Ibu Guru maupun teman-teman semua. 

Kami berdoa semoga Bapak Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan rezeki yang melimpah. Kami berdoa semoga adik-adik semua diberi kelancaran dalam belajar. Kami memohon doa restu Bapak Ibu Guru dan adik-adik semua agar kami bisa melanjutkan sekolah dengan lancar demi menggapai cita-cita kami.

Sekian kata-kata perpisahan dari saya. Terima kasih atas kesempatannya dan saya mohon maaf jika ada kesalahan. 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah beberapa contoh pidato perpisahan dari kami www.daftarpustaka.org yang bisa dibacakan di acara perpisahan sekolah. Jika ada tamu khusus yang harus disapa, sebutkan nama dan gelarnya.