Daftar Passing Grade UNY dan Strategi Lolos Seleksi Universitas

passing grade uny

Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY adalah salah satu universitas terbaik di Yogyakarta. Beberapa tokoh Indonesia merupakan alumni UNY. Sebut saja sutradara Hanung Bramantyo dan pemain bola Evan Dimas. Berikut akan dibahas lebih jauh tentang sejarah singkat kampus dan daftar passing grade UNY.

Tentang Universitas Negeri Yogyakarta

Sejarah Singkat

passing grade uny

Universitas Negeri Yogyakarta diketahui telah berdiri pada tanggal 21 Mei 1964. Pada saat berdiri, universitas ini dikenal dengan nama IKIP atau Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan. IKIP Yogyakarta didirikan untuk memenuhi tuntutan ketersediaan tenaga pengajar di Indonesia.

Berdirinya IKIP Yogyakarta tidak bisa lepas dari Fakultas Pedagogik milik UGM pada saat itu. Fakultas Pedagogik ini dibagi menjadi tiga fakultas dan salah satunya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). FKIP ini kemudian bersatu dengan Institut Pendidikan Guru (IPG) menjadi IKIP pada tahun 1963.

Pada tahun 1982, IKIP Yogyakarta mulai memiliki program pendidikan pascasarjana. Kemudian pada tahun 1999 IKIP Yogyakarta berubah menjadi universitas dengan cakupan ilmu yang lebih luas. Saat itulah nama IKIP Yogyakarta berubah menjadi UNY diiringi dengan peningkatan fasilitas di segala bidang.

Lokasi

Kampus UNY berada di jalan Colombo, Karangmalang, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat tersebut merupakan lokasi kantor pusat UNY dan lokasi beberapa fakultas. Ada juga tiga kampus lainnya yang berlokasi di jalan Kenari, Bantul, dan Kulonprogo.

Fakultas

UNY memiliki 7 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana. Berikut adalah 7 fakultas yang ada di UNY:

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Matematika dan IPA
  3. Fakultas Bahasa dan Seni
  4. Fakultas Ilmu Keolahragaan
  5. Fakultas Ilmu Sosial
  6. Fakultas Ilmu Pendidikan
  7. Fakultas Teknik

Daftar Passing Grade di UNY

Passing Grade Prodi Saintek

Berikut adalah passing grade UNY untuk program studi Saintek:

No.Program StudiPassing Grade
1.IKORA (Ilmu Keolahragaan)24,8%
2.Biologi25,0%
3.Fisika25,6%
4.Pendidikan IPA26,0%
5.Kimia26,2%
6.Pendidikan Teknik Mekatronika26,7%
7.Pendidikan Teknik Elektro26,8%
8.Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan27,8%
9.Matematika28,5%
10.Pendidikan Fisika30,2%
11.Pendidikan Teknik Mesin30,2%
12.Pendidikan Teknik Elektronika30,5%
13.Pendidikan Teknik Otomotif32,5%
14.Pendidikan Kimia32,8%
15.Pendidikan Biologi33,0%
16.Pendidikan Matematika35,5%
17.Pendidikan Teknik Informatika38,2%

Passing Grade Prodi Soshum

Berikut adalah daftar passing grade UNY untuk program studi Soshum:

No.Program StudiPassing Grade
1.Pendidikan Seni Kerajinan19,8%
2.Pendidikan Luar Sekolah20,2%
3.Pendidikan Seni Tari20,5%
4.Pendidikan Seni Rupa21,5%
5.Ilmu Sejarah21,6%
6.Pendidikan Teknik Busana22,4%
7.Pendidikan Luar Biasa22,5%
8.Pendidikan Guru PAUD22,5%
9.PKO (Pendidikan Kepelatihan Olahraga)23,2%
10.Pendidikan Seni Musik24,6%
11.Bahasa dan Sastra Indonesia25,0%
12.Pendidikan Bahasa Jerman25,0%
13.PGSD Penjas25,6%
14.Pendidikan IPS25,8%
15.Teknologi Pendidikan26,0%
16.Pendidikan Bahasa Prancis26,0%
17.Pendidikan Kewarganegaraan26,3%
18.Pendidikan Sosiologi26,8%
19.Pendidikan Sejarah27,2%
20.Bahasa dan Sastra Inggris27,8%
21.Pendidikan Geografi28,5%
22.Pendidikan Administrasi Perkantoran28,6%
23.Kebijakan Pendidikan28,6%
24.Manajemen Pendidikan30,2%
25.Pendidikan Bahasa Jawa30,6%
26.PJKR (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi)31,2%
27.Pendidikan Ekonomi31,5%
28.Pendidikan Guru SD32,5%
29.Administrasi Negara32,5%
30.Pendidikan Akuntansi32,5%
31.Bimbingan & Konseling32,6%
32.Akuntansi34,8%
33.Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia34,8%
34.Manajemen35,0%
35.Pendidikan Bahasa Inggris35,6%

Catatan: Daftar passing grade ini bisa terus berubah dan tidak bisa menjadi acuan pasti bahwa Anda akan diterima di universitas.

Berkuliah di UNY

Jalur Masuk UNY

UNY membuka kesempatan bagi para siswa di Indonesia untuk mendaftar sebagai mahasiswa melalui beberapa pilihan jalur. Anda punya beberapa kesempatan untuk bisa berkuliah di kampus ini. Berikut adalah beberapa pilihan jalur masuk UNY yang tersedia:

1. SNMPTN

Semua perguruan tinggi negeri bisa Anda masuk melalui jalur SNMPTN, termasuk UNY. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ini diselenggarakan serempak satu Indonesia. SNMPTN merupakan jalur masuk ke perguruan tinggi negeri dengan menggunakan nilai rapor.

Registrasi untuk ikut seleksi melalui jalur SNMPTN harus dilakukan melalui pihak sekolah. Siswa akan mendapat nomor pendaftaran dan harus melakukan entri data. Seleksi dilakukan berdasarkan catatan prestasi di rapor mulai dari semester satu hingga semester lima.

2. SBMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri juga diselenggarakan secara serentak seperti SNMPTN. Namun, SNMPTN dan SBMPTN dilakukan di waktu yang berbeda karena sistemnya juga berbeda. Jika SNMPTN menggunakan nilai rapor, maka SBMPTN menggunakan nilai tes tertulis.

Anda harus mengikuti ujian tertulis yang diselenggarakan di jadwal dan lokasi tertentu. Persaingan jalur seleksi ini sangat ketat sehingga Anda harus berusaha keras. Persiapkan diri sebaik mungkin agar bisa mendapat nilai tinggi pada saat ujian tertulis SBMPTN.

3. Seleksi Mandiri

Masuk ke UNY juga bisa diwujudkan melalui seleksi mandiri. UNY mengadakan seleksi mandiri melalui berbagai jalur. Ada beberapa pilihan jalur yang disediakan oleh pihak UNY bagi siswa yang ingin mendaftar melalui jalur mandiri.

Beberapa jalur masuk mandiri UNY adalah jalur prestasi akademik, skor UTBK SBMPTN, prestasi unggul, seleksi mandiri CBT, dan portofolio luar negeri. Setiap jalur memiliki periode pendaftaran yang berbeda-beda. Syarat yang dibutuhkan juga berbeda-beda dan bisa dilihat secara langsung di website resmi UNY.

Baca juga artikel ini:

Daftar Passing Grade UI (Universitas Indonesia)

Beasiswa Kuliah di UNY

Bisa berkuliah di universitas negeri dengan beasiswa tentu menjadi impian bagi banyak orang. Anda juga berkesempatan kuliah di UNY dengan bantuan biaya dari beasiswa. Ada beberapa program beasiswa yang bisa Anda dapatkan, di antaranya adalah:

1. Beasiswa Bidikmisi

Bidikmisi merupakan program pemerintah yang membantu siswa-siswa dari keluarga kurang mampu untuk berkuliah. Beasiswa Bidikmisi mencakup biaya perkuliahan sampai selesai. Siswa penerima beasiswa Bidikmisi juga akan mendapatkan uang saku selama berkuliah.

2. Beasiswa PPA

Beasiswa PPA atau Peningkatan Prestasi Akademik adalah program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa dengan prestasi akademik yang memuaskan. Beasiswa ini bisa diajukan setelah Anda diterima sebagai mahasiswa di UNY. Beasiswa akan diberikan selama 1 tahun dan dibayarkan per 6 bulan sekali.

3. Beasiswa BBP PPA

Beasiswa BBP PPA merupakan program lain dari beasiswa PPA. Perbedaannya adalah beasiswa ini diberikan pada mahasiswa berprestasi yang kurang mampu. Besarnya beasiswa dan durasi pemberian beasiswa sama seperti program beasiswa PPA.

4. Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Pemerintah juga memberikan bantuan dana pendidikan kepada mahasiswa UNY melalui program beasiswa unggulan Kemendikbud. Program beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa baru, mahasiswa lama, maupun mahasiswa pascasarjana.

5. Beasiswa Dinas Dikpora

Program beasiswa lain yang bisa Anda dapatkan adalah beasiswa dari Dinas Dikpora atau Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa kurang mampu baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama. Beasiswa ini diberikan selama satu tahun dan dibayarkan satu kali.

6. Beasiswa Penerima Medali Pomnas

Pomnas merupakan pekan olahraga mahasiswa nasional yang bisa diikuti oleh semua mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Anda bisa mengikuti kegiatan ini dan berusaha mendapatkan medali. Peraih medali dalam ajang ini bisa menerima beasiswa untuk berkuliah.

7. Beasiswa Swasta

Beasiswa swasta merupakan program bantuan dana pendidikan yang diberikan oleh perusahaan atau pihak sponsor. Ada banyak sekali program beasiswa dari pihak swasta yang bisa Anda dapatkan. Beberapa contoh beasiswa swasta di antaranya adalah beasiswa Toyota Astra, beasiswa Yayasan Orbit, dan beasiswa Djarum.

Strategi Lolos Seleksi Universitas Negeri

Lolos seleksi masuk universitas negeri seperti UNY bukanlah hal yang mudah untuk diraih. Anda harus melalui persaingan yang sangat ketat supaya bisa masuk ke universitas impian. Berikut ada beberapa strategi yang bisa dilakukan agar lolos seleksi universitas negeri:

1. Realistis Memilih Jurusan

Cerdas memilih jurusan akan memperbesar peluang Anda untuk diterima di universitas negeri. Berpikirlah realistis saat memilih jurusan. Perhatikan passing grade jurusan dan kemampuan akademik Anda. Pilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan diri Anda.

Namun jangan lupa pertimbangkan juga minat Anda. Jangan hanya karena ingin diterima di universitas negeri Anda jadi mengabaikan passion yang Anda miliki. Ingat, berkuliah akan jadi lebih menyenangkan jika Anda belajar di jurusan yang Anda sukai.

2. Cerdik Memilih Jalur Seleksi

Ada banyak pilihan jalur seleksi universitas yang bisa ditempuh. Setiap jalur seleksi memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Anda harus cerdas memilih jalur seleksi. Pilihlah jalur seleksi yang memberikan peluang besar bagi Anda untuk diterima.

Sebagai contoh, Anda lemah dalam bidang akademik dan tidak bisa mengerjakan soal-soal SBMPTN. Namun Anda memiliki keahlian dan prestasi di bidang seni. Supaya bisa diterima di universitas negeri, maka carilah jalur seleksi yang dikhususkan bagi peraih prestasi di bidang seni.

3. Banyak Latihan Soal

Perbanyak latihan soal saat Anda akan menghadapi ujian tertulis masuk ke universitas negeri. Jangan hanya belajar teori, penting sekali untuk melatih diri dengan mengerjakan soal-soal ujian tahun sebelumnya. Berlatih soal bisa membuat Anda paham bagaimana tipe soal dan bisa mengetahui jawaban yang tepat.

Kumpulkan soal-soal ujian tahun sebelumnya sebagai bahan untuk belajar. Semakin sering berlatih mengerjakan soal maka akan semakin mahir Anda dalam menyelesaikan soal-soal. Lakukan evaluasi setiap selesai mengerjakan soal untuk mencari mana jawaban yang benar.

4. Siapkan Rencana Cadangan

Semua orang bisa membuat rencana namun tak pernah ada yang tahu apakah rencana tersebut akan berhasil atau tidak. Rencana cadangan sangat dibutuhkan apabila Anda sudah gagal melakukan rencana awal Anda. Siapkan rencana cadangan, apa yang harus dilakukan jika Anda gagal mengikuti seleksi.

Tentu saja Anda harus mengikuti seleksi melalui jalur yang lain. Anda juga bisa menyusun rencana cadangan dengan mengganti pilihan jurusan supaya peluang diterima semakin besar. Siapkan strategi lain untuk menghadapi kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

Itulah tadi informasi mengenai kampus UNY dan passing grade UNY. Jika mempersiapkan diri dengan baik, Anda pasti bisa kuliah di kampus UNY. Jangan lupa siapkan strategi agar bisa mendapatkan bantuan dana kuliah lewat program beasiswa.