Passing Grade Undip (Universitas Diponegoro) dan Sejarah Singkat Kampus

passing grade undip

Universitas Diponegoro atau Undip merupakan universitas negeri yang berlokasi di Semarang. Universitas ini menjadi salah satu universitas negeri favorit di Indonesia. Susi Pudjiastuti dan Tjahjo Kumolo merupakan dua tokoh Indonesia alumni Undip. Berikut akan dibahas lebih jauh mengenai Undip dan passing grade Undip.

Tentang Universitas Diponegoro

Sejarah Singkat

Universitas Diponegoro mulai dibentuk pada tahun 1956 dan resmi dibuka pada tanggal 9 Januari 1957. Berdirinya Undip ditandai dengan adanya pendirian Yayasan Universitas Semarang. Pada saat itu, Undip berdiri dengan nama Universitas Semarang dan memiliki fasilitas perkuliahan yang masih sangat terbatas.

Pada tahun 1960, Universitas Semarang berganti nama menjadi Universitas Diponegoro atau lebih akrab dikenal dengan nama Undip. Di tahun yang sama, Undip berubah status dari universitas swasta menjadi universitas negeri. Perubahan status ini terjadi pada tanggal 15 Oktober 1960 yang kemudian menjadi hari jadi Undip.

Sejak berubah menjadi universitas negeri, Undip terus berbenah. Sampai pada tahun 1970, Undip sudah memiliki empat fakultas yakni Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Sastra, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Undip juga terus menambah fasilitas hingga menjadi universitas besar seperti sekarang.

Lokasi

Kampus Undip berlokasi di Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Namun, lokasi kampus Undip tersebar di beberapa lokasi baik di kota Semarang maupun di Jepara. Ada kampus Pleburan Semarang, kampus Tembalang Semarang, kampus Kariadi, dan kampus Jepara.

Fakultas

Berikut adalah pilihan fakultas yang ada di Universitas Diponegoro:

  1. Fakultas Kedokteran
  2. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  3. Fakultas Hukum
  4. Fakultas Sains dan Matematika
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  7. Fakultas Peternakan dan Pertanian
  8. Fakultas Ilmu Budaya
  9. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  10. Fakultas Psikologi
  11. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  12. Sekolah Pascasarjana
  13. Sekolah Vokasi

Baca Juga : Daftar Passing Grade Unpad dan Tips Belajar agar Diterima

Daftar Passing Grade di Undip

Passing Grade Prodi Saintek

Berikut adalah passing grade Undip untuk prodi Saintek :

No.Program StudiPassing Grade
1.Budidaya Perairan23,6%
2.Manajemen Sumber Daya Perairan24,2%
3.Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan24,6%
4.Teknologi Hasil Perikanan25,8%
5.Oceanografi27,8%
6.Peternakan28,8%
7.Ilmu Kelautan29,2%
8.Fisika30,5%
9.Biologi30,9%
10.Kimia33,2%
11.Statistika34,0%
12.Matematika35,9%
13.Ilmu Gizi39,6%
14.Teknik Perkapalan39,6%
15.Kesehatan Masyarakat39,6%
16.Teknik Elektro40,0%
17.Teknik Lingkungan40,2%
18.Teknik Geodesi40,5%
19.Ilmu Keperawatan40,5%
20.Teknik Kimia40,6%
21.Teknik Mesin40,6%
22.Teknik Sipil40,66%
23.Sistem Komputer40,8%
24.Teknik Arsitektur40,87%
25.Teknik Industri41,2%
26.Teknik Geologi41,2%
27.Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota41,4%
28.Teknik Informatika43,2%
29.Pendidikan Dokter57,2%

Baca Juga : Daftar Passing Grade UI (Universitas Indonesia)

Passing Grade Prodi Soshum

Berikut adalah passing grade Undip untuk program studi Soshum:

No.Program StudiPassing Grade
1.Ilmu Perpustakaan24,0%
2.Sejarah Indonesia29,8%
3.Bahasa & Sastra Indonesia30,2%
4.Bahasa Jepang30,5%
5.Pemerintahan34,5%
6.Ilmu Administrasi Bisnis35,6%
7.Bahasa & Sastra Inggris36,0%
8.Ilmu Administrasi Publik38,3%
9.Psikologi42,2%
10.Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan43,0%
11.Ilmu Hukum44,4%
12.Komunikasi44,6%
13.Manajemen45,2%
14.Hubungan Internasional45,5%
15.Akuntansi50,2%

Catatan : Passing grade bukanlah acuan pasti bahwa Anda akan diterima di universitas dan angka ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Berkuliah di Undip

Jalur Masuk Undip

Terdapat beberapa pilihan jalur masuk untuk bisa berkuliah di Undip. Anda perlu tahu jalur masuk apa saja yang tersedia sehingga bisa diterima di Undip. Berikut adalah beberapa pilihan jalur masuk Undip:

1. SNMPTN

Jalur SNMPTN tentu sudah dikenal oleh semua siswa di Indonesia. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan jalur masuk ke universitas yang mengandalkan prestasi akademis di sekolah atau nilai rapor. Siswa yang memiliki catatan nilai akademis bagus, tentu akan mudah untuk diterima.

Proses seleksi jalur SNMPTN ini sepenuhnya akan dibantu oleh pihak sekolah. Pihak sekolah harus melakukan pengisian data siswa agar bisa diseleksi oleh pihak universitas. Jalur masuk ini memiliki persaingan yang ketat dan Anda harus benar-benar mempersiapkan diri sejak semester satu SMA.

2. SBMPTN

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) hampir sama seperti SNMPTN namun menggunakan ujian tertulis. Seleksi ini tidak menggunakan catatan akademis Anda di sekolah. Anda harus mengikuti ujian tertulis jika ingin lolos masuk ke universitas dengan jalur seleksi yang satu ini.

SBMPTN saat ini diselenggarakan dengan metode berbasis komputer. Anda harus benar-benar mempersiapkan diri dengan baik karena persaingan jalur masuk yang satu ini sangatlah ketat. Hanya mereka yang belajar dan mempersiapkan diri dengan baik yang akan lolos seleksi.

3. SBUB

SBUB (Seleksi Bibit Unggul Berprestasi) adalah program masuk Undip yang bisa diikuti oleh siswa berprestasi di sekolah. Prestasi yang dimaksudkan di sini adalah prestasi dari berbagai bidang mulai dari seni, sains, agama, dan lain sebagainya. Jalur prestasi ini juga menjadi salah satu jalur masuk universitas yang difavoritkan.

Ada syarat khusus yang harus dipenuhi jika Anda ingin diterima di Undip melalui jalur yang satu ini. Prestasi yang Anda raih minimal adalah juara 1 pada tingkat provinsi dan juara 1 sampai 3 pada perlombaan tingkat nasional atau internasional.

4. UM Undip

Jika Anda sudah mencoba berbagai jalan seleksi namun masih belum diterima, Anda bisa mencoba ikut UM Undip. UM undip ini merupakan ujian mandiri yang diselenggarakan oleh Undip. Ujian ini biasanya berupa ujian tertulis dan Anda harus melakukan pendaftaran serta pembayaran terlebih dahulu.

Baca juga artikel ini: Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Kuliah di Undip

Biaya kuliah memang tidak bisa dibilang murah. Namun, selalu ada jalan bagi yang mau berusaha. Anda bisa berkuliah di Undip dengan biaya yang ringan karena ada banyak pilihan beasiswa. Berikut adalah beberapa pilihan beasiswa untuk berkuliah di Undip:

1. Beasiswa PPA

Beasiswa PPA atau Peningkatan Prestasi Akademik adalah beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa dengan prestasi belajar memuaskan. Semua mahasiswa bisa mengajukan diri untuk menerima beasiswa ini. Beasiswa ini akan diberikan kepada mahasiswa selama 1 tahun berkuliah dan dicairkan per semester.

2. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi adalah program bantuan dana pendidikan dari pemerintah yang diberikan pada mahasiswa tidak mampu. Mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu bisa mengajukan diri sebagai penerima beasiswa. Namun, penerima beasiswa juga harus memiliki catatan prestasi yang baik.

3. Beasiswa BBP PPA

Beasiswa BBP PPA hampir sama seperti beasiswa Bidikmisi. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Hanya saja beasiswa ini memiliki masa berlaku dan besar dana yang sama seperti beasiswa PPA.

4. Beasiswa Swasta

Anda juga bisa mendapatkan bantuan dana pendidikan dari beasiswa swasta. Biasanya ada banyak beasiswa yang ditawarkan dari perusahaan maupun sponsor. Anda harus aktif mencari informasi agar bisa mendapat beasiswa ini. Salah satu contoh beasiswa swasta yang bisa Anda dapatkan adalah beasiswa Djarum.

Tips Jitu Diterima di Undip

Lulus SMA dan mencari tempat kuliah adalah masa-masa yang penting sekaligus mendebarkan. Bisa diterima di universitas impian tentu menjadi harapan semua orang. Bagi Anda yang ingin berkuliah di Undip, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Rajin Belajar

passing grade undip

Rajin belajar menjadi kunci penting agar Anda bisa diterima di kampus impian. Selama Anda rajin belajar, pasti bukan hal yang sulit untuk masuk ke Undip. Sebaiknya biasakan rajin belajar sejak dini supaya catatan akademis Anda di rapor bagus dan bisa diterima di Undip lewat jalur SNMPTN.

Tapi tidak ada kata terlambat selama masih mau berusaha. Anda tetap bisa diterima di Undip walaupun tidak punya nilai rapor yang baik. Belajarlah yang rajin agar bisa mengerjakan soal-soal SBMPTN dengan lancar. Perbanyak latihan soal SBMPTN supaya kesempatan mendapat nilai tinggi semakin besar.

2. Pilih Jurusan yang Tepat

passing grade undip

Pilihan jurusan juga bisa berpengaruh pada peluang Anda untuk diterima di Undip. Pilihlah jurusan yang paling sesuai dengan kemampuan Anda. Anda harus pandai membaca peluang. Jangan sampai memaksakan diri memilih jurusan yang sulit dijangkau sehingga malah tidak bisa diterima di Undip.

3. Latihan Soal UM Undip

Anda bisa masuk ke Undip melalui jalur mandiri yaitu UM Undip. Namun, perlu diketahui bahwa masuk ke Undip melalui jalur mandiri ini tidaklah mudah. Jika Anda memang ingin diterima di Undip, maka manfaatkan kesempatan jalur mandiri ini dengan sebaik mungkin.

Belajarlah untuk mempersiapkan diri ikut UM Undip. Cara belajar yang efektif adalah dengan berlatih soal-soal UM Undip tahun sebelumnya. Semakin banyak latihan soal yang dikerjakan maka Anda akan semakin terbiasa dan semakin mahir mengerjakan soal-soal UM Undip.

4. Coba Berbagai Jalur Masuk

Ada banyak jalur masuk yang bisa dipilih agar bisa diterima berkuliah di Undip. Jangan hanya menggantungkan nasib pada satu jalur masuk namun cobalah jalur masuk yang lain. Anda harus gigih mencoba berbagai jalur masuk sampai bisa diterima di Undip.

Jika gagal di satu jalur masuk maka cobalah kesempatan seleksi yang lain. Pahami dengan baik seperti apa prosedur di setiap jalur masuk. Terapkan strategi jitu agar bisa diterima. Cobalah lagi sampai kesempatan untuk masuk ke Undip sudah habis dan Anda memang sudah berusaha maksimal.

5. Cari Beasiswa

Selain mencoba masuk ke universitas melalui jalur seleksi yang sudah disediakan, Anda juga disarankan untuk mencari beasiswa. Banyak sekali program beasiswa yang bisa didapatkan untuk membiayai Anda berkuliah di Undip. Mencari program beasiswa sedini mungkin akan sangat menguntungkan bagi Anda.

6. Terus Berdoa

Usaha keras harus diiringi dengan doa yang tulus agar keinginan Anda bisa tercapai. Jika sudah berusaha dengan maksimal maka jangan lupa untuk berdoa supaya tujuan Anda bisa tercapai sesuai harapan. Selain berdoa sendiri, Anda juga harus meminta doa restu dari orang-orang terdekat terutama orang tua.

Sahabat www.daftarpustaka.org itulah tadi informasi seputar Undip dan passing grade Undip. Persiapkan diri sebaik mungkin jika Anda ingin berkuliah di Undip. Persiapan diri yang matang dan strategi yang jitu akan membantu Anda bisa diterima di Undip dengan mudah.