Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Sesuai

Dalam melamar pekerjaan di sebuah instansi tertentu, biasanya ada situasi di mana kamu perlu mengirimkan contoh surat lamaran kerja tulis tangan. Tentu ada alasan khusus mengapa hal tersebut perlu dilakukan oleh pelamar.

Sebenarnya dilihat dari formatnya, surat lamaran kerja tulis tangan maupun diketik sama persis. Hanya saja berbeda cara mengerjakannya saja, sehingga kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting dalam setiap prosesnya.

Memang sekarang ini surat lamaran kerja yang ditulis tangan sudah jarang digunakan untuk melamar di perusahaan tertentu. Jadi, tidak banyak orang tahu apa fungsi sebenarnya dari dokumen jenis ini.

Akan tetapi, tidak yang tahu barangkali di kemudian hari justru dokumen ini dibutuhkan ketika kamu melamar pekerjaan. Apalagi kalau sampai dokumen tersebut dijadikan syarat penting agar kamu bisa memulai tahap seleksi selanjutnya.

Jadi, sangat penting untuk membuat dokumen ini dengan sebaik-baiknya demi memperbesar peluang untuk bisa diterima di perusahaan tersebut. Pastinya, ada trik khusus dalam menulisnya, di mana hal tersebut berhubungan dengan fungsinya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan
Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Tips Menulis Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Menurut Fungsinya

Di balik syarat-syarat mengapa calon pelamar perlu menuliskan sendiri surat lamaran tersebut, tentu ada alasan dibaliknya. Melalui alasan-alasan tersebut, setidaknya kamu perlu mengetahui tips seperti apa saja ketika akan mengerjakannya.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan dengan Gunakan Bahasa Baku

Pastinya dalam penulisan surat resmi, seseorang perlu mengutamakan bahasa baku ketika ingin menulis surat lamaran kerja dengan tulis tangan tersebut. Tetap sama seperti halnya kamu menulis dengan diketik lewat komputer.

Meskipun menggunakan bahasa baku, usahakan sebaiknya mungkin agar tulisanmu tersebut tidak terkesan kaku. Namun, dengan tulisan sedikit santai bukan berarti kamu mengabaikan kata-kata sopan untuk ditujukan kepada pihak rekruitmen.

2. Rapikan Susunan Kalimat

Seringkali seseorang ketika menulis tangan di sebuah kertas, kerapiannya kurang diperhatikan. Sedangkan kerapian ini juga menjadi satu hal yang dinilai ketika ingin diterima di sebuah perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan.

Setidaknya dalam menulis jangan sampai melewati garis-garis pada kertas, di mana hal tersebut dapat mengurangi poinmu saat melamar. Jadi, kerapian dalam menulis ini bisa dikatakan sangat penting diperhatikan oleh para pelamar.

3. Tulis Sedikit Lebih Panjang

Ketika kamu akan menyerahkan contoh surat lamaran kerja tulis tangan, sebisa mungkin tulisannya sedikit lebih panjangan. Akan tetapi, dalam tulisan panjang tersebut jangan sampai terkesan bertele-tele karena pihak rekruitmen pasti malas membacanya.

Di dalam tulisan surat lamaran pekerjaan tersebut, kamu dapat menuliskan alasan-alasan ingin bekerja di perusahaan yang dituju, serta kemampuan dasarnya. Alasan mengapa harus panjang demi memberikan kesan, niatmu besar untuk bekerja.

4. Jangan Ada Bekas Habis Dihapus

Ada saja beberapa orang yang saat surat lamaran kerja ini dibuat, malas untuk mengganti atau mengulangi tulisan baru. Mereka justru memilih membiarkan bekas tulisan tetap berbeda di kertas tersebut.

Hal seperti ini sebaiknya jangan pernah kamu lakukan sama sekali karena hanya akan membuat pihak penerima surat merasa kurang dihargai. Alangkah lebih baik ketika surat lamaran tersebut ditulis apabila kamu melakukan kesalahan dalam menulisnya.

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Menggunakan Kertas Folio Bergaris

Kertas yang digunakan dalam menulis surat lamaran kerja juga tidak sembarang kertas bisa digunakan. Kamu perlu mencari kertas folio bergaris, di mana jenis kertas ini sangat mudah ditemukan di toko buku maupun tempat print.

Aturan dalam menulis lamaran pekerjaan dengan tulis tangan tetap sama yaitu menggunakan kertas ini sebagai alas tulisannya. Untuk mengurangi kesalahan, sebaiknya kamu membeli kertas tersebut lebih dari satu.

6. Gunakan Huruf Tegak Bersambung (Jika Bisa)

Sebagai tambahan poin, tidak ada salahnya kamu menggunakan huruf tegak bersambung di dalam surat lamaran kerja tersebut. Hal ini akan membuat tulisannya lebih bernilai, sehingga pihak rekruitmen akan menilai lebih kerapianmu.

Akan tetapi, dalam penggunaan huruf tegak bersambung, para pelamar pekerjaan harus bagus dalam menuliskan. Apabila kemampuan dalam menulis huruf tegak bersambung kurang baik, lebih baik menggunakan huruf biasa agar mudah dibaca.

Asalkan beberapa tips ini kamu bisa ikuti, maka peluang diterima kerja bisa sedikit lebih besar ketika pihak perusahaan meminta surat ditulis tangan. Jadi, selalu perhatikan contoh surat lamaran kerja tulis tangan agar selalu ditulis dengan sungguh-sungguh.