Cara Membuat Donat Kentang yang Empuk dan Enak

Cara Membuat Donat Kentang yang Empuk dan Enak

Meskipun menjadi makanan keseharian masyarakat Indonesia, tetapi tetap saja masih banyak orang mencari cara membuat donat kentang yang empuk. Donat merupakan salah satu kudapan populer di dunia, dimana telah berkembang dengan berbagai varian rasa.

Kudapan yang disebut-sebut berasal dari Belanda sejak abad ke 19 ini, siapa sangka jika bentuk awalnya berupa bola-bola kue. Di mana adonannya digoreng hingga berwarna kecoklatan.

Awalnya, adonan diisi dengan berbagai buah, kacang, atau isian lain. Hal ini dilakukan, karena bagian tengah kue tidak cepat matang. Sampai kemudian muncul ide untuk melubangi adonan hingga seperti bentuk yang kita kenal selama ini.

Cara Membuat Donat
Cara Membuat Donat

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana yang Empuk

Donat kentang lebih digemari oleh sebagian orang, karena memiliki tekstur yang empuk dan lembut. Terlebih apabila dibandingkan dengan bahan utama tepung. Namun, untuk membuatnya kamu harus menyediakan tepung kentang atau kentang rebus.

Cara memasaknya pun lebih mudah, cukup dengan digoreng tanpa harus menggunakan oven. Jika kamu mengikuti resep dan proses secara tepat, maka adonan akan mengembang dengan sempurna. Berikut ini step by stepnya:

1. Cara Membuat Donat dengan Menggunakan Bahan yang Tepat

Untuk membuat donat kentang, sebaiknya gunakan bahan yang tepat. Perhatikan juga kualitas dari bahan tersebut.

Salah seorang chef menyampaikan cara membuat donat sebaiknya menggunakan mentega daripada margarin. Hal tersebut dapat membuat teksturnya menjadi lebih lembut. Untuk bahan donat kentang, berikut yang perlu kamu persiapkan:

  • Tepung terigu sekitar 210 gram
  • Tepung kentang atau kentang rebus sebanyak 60 gram
  • Gula sekitar 30 gram
  • Susu bubuk sekitar 15 gram
  • Ragi sekitar 4 gram
  • Kuning telur cukup 1 butir
  • Air dingin sebanyak 150 gram
  • Mentega sekitar 30 gram
  • Garam sekitar 4 gram

2. Cara Membuat Adonan Donat

Setelah kamu menyiapkan semua bahan di atas, selanjutnya adalah membuat adonan. Di bawah ini langkah-langkah membuat adonan:

  • Cara membuat donat pertama, sediakan wadah untuk mencampur adonan. Kemudian masukkan terigu, kentang rebus, susu bubuk dan gula. Tuang campuran tadi ke dalam mangkuk mixer.
  • Langkah selanjutnya tambahkan ragi, kuning telur, serta air dingin. Campur adonan dengan mixer hingga kalis.
  • Cara ketiga, masukkan mentega dan garam kemudian mixer kembali.
  • Apabila sudah tercampur rata, ambil adonan kemudian letakkan di dalam wadah. Sebaiknya tutup dengan kain serbet bersih. Tunggu adonan mengembang hingga dua kali lipat, sekitar 40 menit.
  • Selanjutnya, ambil adonan yang sudah mengembang lalu bentuk menjadi bulatan.
  • Jika semua donan sudah dibentuk bulat, maka tutup kembali menggunakan serbet bersih dan biarkan kembali mengembang.
  • Berikutnya, siapkan wajan lalu tuang minyak. Apabila minyak telah panas, goreng donat hingga kedua sisi menjadi kecoklatan.
  • Terakhir, tiriskan. Letakkan di atas piring kemudian beri gula halus atau topping sesuai selera.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Cara Membuat Donat

Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat donat. Pertama, perhatikan selama proses proofing, karena proofing menjadi salah satu kunci keberhasilan cara membuat donat kentang.

Proofing bisa kamu lakukan setelah adonan telah tercampur rata, kalis, dan elastis. Proses ini akan membuat donat menjadi lebih mengembang secara sempurna.

Proses proofing yang tepat yakni meletakkan adonan donat kentang ke dalam wadah, lalu menutupinya menggunakan plastic wrap atau serbet bersih. Kemudian biarkan mengembang kurang lebih selama 40 menit.

Selain proofing, poin penting lainnya yakni proses menggoreng. Proses menggoreng dapat mempengaruhi hasil akhir donat kentang agar mengembang.

Caranya, ketika menggoreng adonan gunakan minyak yang banyak. Selain itu pastikan jika saat menggorengnya, minyak sudah cukup panas dengan api sedang. Itulah dua hal penting yang harus kamu perhatikan.

Jika dulunya untuk bisa menikmati donat harus membeli di toko, maka zaman sekarang kamu bisa membuat sendiri di rumah. Selain bisa berkreasi sendiri, kamu juga dapat belajar memasak.

Bahkan apabila berminat dan mahir membuatnya, kamu dapat membuka usaha kue kecil-kecilan. Jika kekurangan modal untuk membuka toko, kamu bisa menjualnya secara online. Dengan begini, kamu tetap bisa berjualan meskipun budget terbatas.

Kamu dapat membuat donat ciptaan sendiri dengan rasa serta toping unik. Ada banyak resep yang bisa memberikan ide agar dapat berkreasi sendiri, sambil mengikuti cara membuat donat kentang di atas.