Cara Membaca dan Menulis Cerita di Wattpad

Tertarik untuk membaca maupun menulis cerita chicklit, fantasi, horor, spiritual, misteri, romansa, klasik, humor, sampai fiksi sejarah dan fiksi ilmiah? Wattpad bisa menjadi rekomendasi bahan bacaan, bahkan menulis cerita, untuk Anda yang ingin meniti karier menjadi penulis.

Apa itu Wattpad dan bagaimana langkah-langkah menggunakan Wattpad? Cek artikel ini agar tahu detailnya ya!

Apa Itu Wattpad?

Wattpad

Wattpad adalah salah satu platform membaca dan menulis cerita yang banyak digunakan di Indonesia. Melalui Wattpad, Anda bisa membaca cerita dengan berbagai genre secara gratis atau berbayar. Genre Wattpad yang bagus bisa memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan bagi Anda.

Melalui Wattpad, Anda juga diberi ruang untuk mempublikasikan tulisan Anda. Anda bisa menuangkan ide dan kreatifitas Anda baik berupa cerpen, novel maupun puisi, bahkan memiliki kesempatan untuk menghasilkan uang melalui platform ini, lho.

Cara Membuat Akun Wattpad

Membaca cerita di Wattpad bisa Anda lakukan melalui PC atau smartphone. Namun sebelumnya, Anda harus membuat akun Wattpad terlebih dahulu. Berikut ini cara membuat akun Wattpad:

1.    Download aplikasi Wattpad atau kunjungi www.wattpad.com.

Wattpad

2. Selanjutnya, pilih menu “Log In” dan “Don’t have an account? Sign up”.

Wattpad

3. Masukkan alamat email aktif di kolom yang tersedia. Mulai dari nama pengguna (username), lalu pastikan ada tampilan “centang biru”. Hal ini menandakan bahwa username bisa digunakan.

Wattpad

5. Saat join Wattpad, pada poin 4, Anda harus mengisi “kata sandi”, “tanggal lahir”, hingga klik “daftar”. 

6. Selanjutnya Anda akan diarahkan pada beberapa pilihan yang membantu Wattpad memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan hal yang Anda sukai, seperti “Start Reading” atau “Start Writing”. 

Setelah melakukan itu semua, akun Wattpad Anda sudah aktif. Anda dapat melakukan verifikasi email agar Anda bisa mengakses semua fitur yang ada. Anda bisa melakukan verifikasi email melalui email yang dikirim oleh Wattpad akun email atau gmail Anda.

Lalu, bagaimana cara membuat akun Wattpad tanpa email? Anda bisa memilih opsi Facebook atau Google yang tersedia di halaman awal pendaftaran akun. Selanjutnya Anda bisa mengikuti instruksi cara membuat akun Wattpad dengan Facebook atau Google yang tersedia.

Cara Membaca Cerita di Wattpad

Biasanya, di halaman awal, Wattpad akan merekomendasikan cerita yang menarik untuk Anda baik yang gratis atau berbayar. Jika tidak tertarik dengan cerita yang direkomendasikan, Anda bisa mencari cerita melalui kolom pencarian dengan memasukkan judul cerita atau nama penulis.

Anda juga bisa mencari cerita berdasarkan genre yang tersedia. Semisal Anda memilih genre romansa, makan akan muncul tampilan berbagai judul cerita dengan genre tersebut. Wattpad akan menampilkan cerita yang diurut berdasarkan tingkat kepopuleran. 

Anda diharuskan membayar dengan koin untuk cerita yang berjenis “Paid Stories”. Lalu apakah ada cara membaca Wattpad offline? Tentu ada. Cerita yang tersedia bisa Anda nikmati secara offline. 

Caranya adalah sebagai berikut.

1. Klik penelusuran kategori bahan bacaan yang ingin Anda baca. 

Genre Wattpad yang bagus

2. Misalnya, Anda memilih kategori “Cerita Pendek”. Pada halaman tersebut, akan muncul berbagai bacaan cerita pendek. Pilih salah satu > klik tanda (+) > klik perpustakaan saya. 

cara membuat akun Wattpad tanpa email

3. Masuk  ke “Profil” dan pilih “Perpustakaan”.

 langkah-langkah menggunakan Wattpad

Anda bisa mengulangi langkah serupa untuk memilih buku bacaan yang lainnya. Yang harus jadi perhatian, Anda hanya bisa menikmati maksimal 25 judul cerita secara offline.

Cara Menulis di Wattpad

Selain memberikan layanan membaca, Wattpad juga menyediakan ruang bagi penggunanya untuk menuangkan ide dan kreatifitas pengguna dalam tulisan. Berikut ini cara menulis Wattpad yang benar.

1.   Klik menu “Create” atau simbol pensil di bagian paling atas.

Wattpad

2.  Akan muncul tampilan menu untuk Anda menuliskan cerita. Lalu, Anda bisa menambahkan sampul, judul, deskripsi cerita, dan hal lainnya yang tersedia.

Genre Wattpad yang bagus

3. Klik “Berikutnya” untuk melanjutkan penulisan bab awal. Setelah selesai menulis bab awal, klik “Publikasikan”.

 langkah-langkah menggunakan Wattpad

4. Cerita Anda sudah bisa diakses oleh orang lain.

Pastikan Anda menulis cerita yang sesuai dengan bidang Anda. Jika cerita Anda dapat menarik banyak pembaca, Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai jalan untuk mendapatkan penghasilan. Anda bisa memanfaatkan fitur “Paid Stories” untuk mendapat penghasilan, seperti asal muasal novel ‘Dear Nathan’ yang akhirnya dibuat film. 

Itulah beberapa hal mengenai Wattpad dan cara menggunakannya. Jika Anda tertarik menjadi penulis di Wattpad, ikuti cara di atas dan publikasikan karya Anda!

Tags: