Apa Itu Teks Prosedur? Simak Penjelasan Lengkapnya

Daftar Pustaka

Mengenal Apa Itu Teks Prosedur

Saat menyimak mata pelajaran bahasa Indonesia, pasti kamu sering mendengar pertanyaan, apa itu teks prosedur? Pertanyaan tersebut bisa kamu jawab sebagai jenis teks yang memberikan instruksi atau panduan tentang bagaimana melakukan sesuatu atau menyelesaikan suatu tugas. 

Teks prosedur umumnya terpakai dalam berbagai konteks, seperti dalam industri, pemerintahan, dan pendidikan. 

Apa Itu Teks Prosedur?

Teks prosedur adalah teks yang sering terpakai untuk memberikan instruksi atau panduan tentang cara melakukan suatu tugas atau aktivitas tertentu. Teks ini bisa kamu gunakan untuk mengarahkan seseorang pada berbagai hal. 

Misalnya pada aktivitas sehari-hari, teks prosedur akan membantu seseorang untuk menggunakan sesuatu atau memanfaatkan sesuatu. Sehingga penting untuk mempelajari teks prosedur.

Dengan adanya teks prosedur, seseorang dapat menggunakan segala sesuatunya secara tepat. Pada tahap akhirnya, kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi akibat tidak memahami suatu hal, bisa terhindarkan.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Teks prosedur yang sering terpakai ternyata tidak hanya satu jenis saja. Terdapat 3 jenis teks prosedur yang harus kamu pahami agar dapat menggunakannya secara tepat, yaitu:

  • Teks Prosedur Protokol. Secara umum, teks prosedur protokol memberikan instruksi tidak harus sesuai urutannya. Hal ini karena penjelasannya yang singkat dan tidak membingungkan pembaca. Misalnya, prosedur pembuatan susu. Kamu tidak perlu menyebutkan langkah berurutan, yaitu bisa memasukkan air panas terlebih dahulu dan setelah itu susu ataupun sebaliknya.
  • Teks Prosedur Sederhana, yaitu teks yang memberikan instruksi cukup dua ataupun tiga langkah saja. Contoh dari teks prosedur sederhana adalah cara memasang baterai pada remot televisi. Kamu bisa membuatnya secara singkat dalam dua atau tiga langkah saja. 
  • Teks Prosedur Kompleks. Teks ini memberikan instruksi menggunakan langkah yang sangat lengkap. Contoh dari teks prosedur teknis adalah panduan pemasangan AC, panduan perbaikan mesin mobil, atau panduan pemasangan kabel internet.

Cara Menulis Teks Prosedur yang Baik

Setelah kamu memahami tentang teks prosedur, maka dengan sendirinya kamu bisa membaca beberapa petunjuk terkait penggunaan suatu hal. 

Akan tetapi, bagaimana jika kamu ingin memberikan petunjuk kepada seseorang? Tentunya kamu harus bisa membuat teks prosedur tersebut.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu menulis teks prosedur sederhana:

  • Tentukan Tujuan Teks Prosedur

Sebelum mulai menulis teks prosedur, pastikan Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan dan sasaran yang ingin dicapai. Pertimbangkan apa yang ingin Anda sampaikan dalam teks prosedur Anda dan bagaimana cara Anda ingin pembaca meresponsnya.

  • Identifikasi Pembaca

Saat menulis teks prosedur, penting untuk mempertimbangkan siapa pembaca yang akan membacanya. Identifikasi level pengetahuan atau keahlian yang dimiliki oleh pembaca dan pastikan teks prosedur ditulis dalam bahasa yang mudah dipahami oleh mereka.

  • Buat Rencana

Sebelum mulai menulis, buatlah rencana untuk menentukan urutan langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan tugas atau aktivitas tertentu. Pertimbangkan faktor seperti urutan waktu, peralatan dan bahan yang diperlukan, dan persyaratan lainnya.

  • Gunakan Bahasa yang Jelas dan Sederhana

Pilih kata-kata yang mudah dipahami dan hindari penggunaan istilah atau jargon teknis yang mungkin tidak dikenal oleh pembaca. Gunakan kalimat yang singkat dan jelas serta hindari kalimat yang terlalu panjang dan rumit.

  • Gunakan Format yang Jelas

Gunakan format yang jelas dan terstruktur untuk membantu pembaca mengikuti langkah-langkah yang disajikan dalam teks prosedur. Gunakan angka atau huruf untuk menandai setiap langkah dan jangan lupa untuk memberi judul pada setiap langkah.

  • Berikan Contoh atau Ilustrasi

Contoh atau ilustrasi dapat membantu membantu pembaca dalam memahami langkah-langkah yang harus diikuti. Anda dapat menggunakan gambar, grafik atau video untuk menjelaskan beberapa langkah tertentu jika diperlukan.

  • Uji Coba Teks Prosedur

Sebelum mempublikasikan teks prosedur, pastikan untuk mengujinya. Coba ikuti instruksi dan pastikan bahwa teks prosedur tersebut dapat diikuti dengan mudah dan akurat.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian, jenis-jenis teks prosedur, dan cara menulis teks prosedur singkat. Beberapa hal tersebut dapat kamu praktikkan sehingga bisa menambah pengetahuanmu untuk menggunakan atau memanfaatkan sesuatu. 

Maka jika ada yang bertanya, apa itu teks prosedur? Kamu bisa menjawabnya sebagai jenis teks yang memberikan instruksi atau panduan tentang bagaimana melakukan sesuatu atau menyelesaikan suatu tugas. 

Bagikan:

Also Read