9 Tips Meningkatkan Daya Ingat Siswa Secara Efektif

Daftar Pustaka

tips meningkatkan daya ingat siswa

Daya ingat yang baik merupakan hal yang sangat penting bagi seorang siswa. Ketika daya ingatnya tinggi, maka ia tidak akan mudah melupakan pelajaran-pelajaran yang pernah dipelajari. Ada beberapa tips meningkatkan daya ingat siswa yang bisa diterapkan. Sudah penasaran? Simak artikel ini!

tips meningkatkan daya ingat siswa

Tips Meningkatkan Daya Ingat Siswa

Langsung saja, berikut ini tips-tips yang bisa diterapkan:

1. Melatih Otak

Rutin melatih otak menjadi salah satu cara meningkatkan daya ingat siswa. Seiring bertambahnya usia, otak akan mengembangkan jutaan jalur saraf. Fungsinya yaitu memproses dan mengingat informasi, menjalankan tugas rutin, dan memecahkan masalah. 

Bagian tersebut harus dijaga fungsinya dengan cara melakukan stimulasi atau melatihnya. Semakin banyak latihan, maka otak akan semakin baik dalam memproses dan mengingat informasi. Anda bisa melatih otak dengan permainan seperti puzzle, teka-teki silang, catur, membaca, dan lain-lain.

2. Melakukan Aktivitas Fisik Secara Rutin

Beberapa orang mungkin menganggap kemampuan otak tidak ada hubungannya dengan aktivitas fisik dan olahraga. Padalah, aktivitas fisik bisa membantu mempertajam otak sehingga tidak mudah lupa.

Selain itu, aktivitas fisik dan olahraga bisa meningkatkan oksigen ke otak. Efeknya otak akan lebih bermanfaat dan bisa mengurangi hormon stres. Lakukan aktivitas fisik secara rutin, termasuk ketika selesai sekolah.

3. Memenuhi Asupan Nutrisi Penting

Otak membutuhkan asupan nutrisi dari makanan bergizi untuk bekerja secara optimal. Oleh sebab itu, tips meningkatkan daya ingat siswa selanjutnya adalah memenuhi asupan nutrisi penting.

Ada beberapa jenis nutrisi otak untuk daya ingat. Contohnya yaitu omega 3, omega 6, protein, zat besi, asam folat, dan berbagai macam vitamin. Anda bisa memenuhi asupan nutrisi penting dari makanan bergizi.

4. Konsumsi Suplemen Minyak Ikan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, omega 3 termasuk nutrisi otak yang bermanfaat untuk daya ingat. Selain melalui makanan, kebutuhan omega 3 bisa didapatkan melalui suplemen minyak ikan.

Suplemen ini mengandung asam lemak omega 3 berupa DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (Eicosapentaenoic acid). Asam lemak esensial membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi otak. 

5. Pertahankan Berat Badan Sehat

Berdasarkan penelitian, obesitas menjadi salah satu faktor risiko menurunnya kemampuan kognitif. Selain itu, obesitas juga menyebabkan perubahan gen terkait memori di otak. Pastikan selalu mempertahankan berat badan sehat untuk membantu menjaga kesehatan otak.

6. Istirahat yang Cukup

Siswa umumnya memiliki aktivitas yang banyak. Setelah sekolah, banyak siswa yang lebih suka bermain dibandingkan beristirahat. Padahal, istirahat yang cukup membantu meningkatkan daya ingat. Saat tidur, terjadi konsolidasi memori yang dapat meningkatkan memori utama. 

Anak usia 6 sampai dengan 12 tahun membutuhkan waktu tidur selama 12 jam. Sementara anak usia 12 sampai dengan 18 tahun membutuhkan waktu istirahat dan tidur 8 sampai 9 jam. Kebutuhan istirahat dan tidur harus tercukupi setiap harinya.

7. Konsumsi Vitamin D

Tips meningkatkan daya ingat siswa selanjutnya yaitu konsumsi vitamin D. Kekurangan vitamin D dikaitkan pada beberapa masalah kesehatan, salah satunya penurunan fungsi kognitif. 

Selain itu, kekurangan vitamin D di masa tua juga bisa meningkatkan risiko demensia. Sumber vitamin D selain sinar matahari yaitu makanan berupa minyak ikan, ikan laut, ikan salmon, susu, jamur, kuning telur, dan lain-lain.

8. Kurangi Asupan Karbohidrat Olahan

Ada kandungan nutrisi penting yang harus dipenuhi, namun ada juga yang perlu dikurangi. Jika ingin meningkatkan daya ingat, maka siswa harus mengurangi asupan karbohidrat olahan. Contohnya adalah nasi putih, kue, biskuit, sereal, roti putih, dan lain sebagainya.

Karbohidrat olahan memiliki indeks glikemik tinggi. Hal tersebut berpengaruh pada penurunan fungsi kognitif. Ganti karbohidrat olahan dengan sumber karbohidrat lainnya yang lebih sehat.

9. Terapkan Tips Mengingat Pelajaran

Daya ingat siswa umumnya dibutuhkan untuk mengingat pelajaran. Anda bisa menerapkan tips-tips berikut untuk mengingat pelajaran:

  • Biasakan diri mengorganisir hal-hal kecil seperti barang, agenda harian, dan lain-lain.
  • Aktif bersosialisasi dan menjalin komunikasi dengan teman.
  • Gunakan akronim untuk mengingat pelajaran.
  • Membuat review dan mengajarkan kembali pada teman.
  • Merangkum kembali.

Nah, itulah pembahasan mengenai tips meningkatkan daya ingat siswa sehingga tidak mudah melupakan pelajaran. Jalankan dengan rutin dan disiplin agar daya ingat meningkat. Bukan hanya untuk menghafal pelajaran saja, daya ingat juga penting ketika dewasa. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Also Read