5 Ide Aktivitas Seru di Kelas Online untuk Murid

Daftar Pustaka

cara meningkatkan rasa percaya diri

Bagi sebagian siswa, kelas online merupakan hal membosankan. Berbeda dengan kelas offline yang di mana mereka bisa bertemu secara tatap muka bersama teman-temannya. Selain itu, bagi guru kelas online juga merupakan tantangan tersendiri karena mereka tidak bisa memantau seluruh siswa dengan baik.

Umumnya interaksi melalui kelas online cenderung lebih sungkan, sehingga membuat siswa malas untuk merespon guru. Alhasil siswa menjadi tak fokus dan tidak mendengarkan perkataan guru. Dan hasilnya kelas tidak hidup dan minim interaksi. Sebagai guru, Anda harus memiliki ide aktivitas seru di kelas online untuk menghidupkan suasana.

aktivitas seru di kelas online

5 Ide Aktivitas Seru di Kelas Online untuk Murid

Sebelum membahas ide aktivitas seru di kelas online, yuk kenali terlebih dulu apa saja yang menjadi penyebab siswa mudah merasa jenuh saat menjalani kelas online sebagai berikut:

  • Rasa lelah berlebihan karena kelas online mengharuskan siswa untuk terus-menerus menatap layar komputer atau ponsel.
  • Tidak mengerti tujuan dari proses belajar online yang dilakukan
  • Pembelajaran online terasa sangat jenuh, sehingga siswa tidak merasa tertantang
  • Kegiatannya sangat monoton, sebab beberapa guru biasanya hanya akan memberikan ceramah, mengerjakan soal, dan siswa menjawabnya. Hal tersebut dilakukan secara berulang tanpa ada kegiatan baru.

1. Debat Online

Tidak begitu sering dilakukan di sekolah, padahal dengan melakukannya perkembangan speaking dan otak murid menjadi lebih berkembang. Debat adalah kegiatan diskusi antara pihak pro dan kontra terhadap suatu masalah yang dibahas. Tentunya pihak pro dan kontra saling berargumen memberikan berbagai bukti valid.

Di kelas online juga bisa melakukan debat secara online. Pada saat debat mulai dilakukan, tak hanya satu atau dua pihak yang berpikir, tetapi semua siswa juga akan ikut berpikir menggunakan fungsi otak mereka untuk memikirkan melawan argumen dari lawan.

Debat adalah kegiata positif yang harus dilakukan agar siswa mampu berpikir kritis. Selain itu debat juga sangat baik untuk perkembangan dan mengasah otak siswa, sekaligus melatih mental agar dapat menjawab serangan dari lawan.

2. Melakukan Kuis

Kegiatan sederhana berikutnya adalah melakukan kuis edukatif secara online. Guru bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk membuat soal latihan. Dengan begitu siswa tidak akan merasa bosan saat melakukan kelas online karena konten yang dihadirkan jadi lebih beragam dan hidup dibandingkan dengan melakukan kuis melalui form biasa.

3. Bermain Game Tebak Gambar

Ide kegiatan kelas online ini sangat cocok diterapkan untuk semua level siswa. Kegiatan tebak gambar secara online bisa memanfaatkan powerpoint. Sebab hak ini jauh lebih menarik karena gambar yang ditampilkan lebih orisinil da hidup.

Selain itu guru juga bisa memanfaatkan platform Zoom fitur whiteboard. Mulailah kegiatan tebak gambar dengan cara bergantian antar satu siswa dengan yang lain untuk mengatasi rasa bosan di kelas online.

4. Rekaman Video

Aktivitas berikutnya ini dapat mengembangkan otak murid. Sebagai guru, mintalah siswa Anda untuk membuat video saat mereka melakukan hobi masing-masing. Setelah itu, video yang direkam akan ditampilkan saat kelas online sedang berlangsung.

Kegiatan ini dapat mengembangkan fungsi otak karena kedua otak digunakan secara aktif. Selain itu, dengan melakukan hobi IQ anak juga jauh lebih meningkat. Jadi sangat banyak sekali manfaat positif yang bisa diambil dari kegiatan kelas online yang satu ini.

Lantas, apa saja manfaat dari ice breaking atau kegiatan online di atas? Berikut penjelasannya:

  • Tercipta suasana kelas yang ramai dan anti bosan
  • Membangun suasana kelas yang lebih friendly, sehingga semua siswa dapat berpartisipasi tanpa rasa malas dan sungkan antar sesama
  • Hiburan bagi para siswa agar tak jenuh dan mendapat kembali semangat belajarnya
  • Saran perkenalan sekaligus pendekatan yang asik untuk siswa
  • Kegiatan online dapat membangun hubungan yang erat antar sesama siswa ataupun guru. Sehingga lingkungan belajar jauh lebih produktif untuk dilakukan
  • Mendorong siswa agar memiliki rasa peduli tinggi terhadap lingkungan belajar di kelas maupun di sekolah
  • Mempersiapkan siswa agar siap untuk ke jenjang kelas yang lebih tinggi
  • Meningkatkan rasa percaya diri bagi siswa

Itulah tadi 5 ide aktivitas seru di kelas online yang bisa Anda terapkan sebagai tenaga pengajar. Selain mengatasi bosan, kegiatan-kegiatan di atas tadi juga bisa Anda jadikan metode pendekatan antara siswa agar dapat mengenal lebih dalam para murid.

Bagikan:

Also Read