5 Rekomendasi Film untuk Pendidikan yang Sangat Edukatif

Daftar Pustaka

rekomendasi film untuk pendidikan

Pendidikan merupakan hal nomor satu dari sekian banyak aspek kehidupan. Pendidikan sangat penting bagi setiap manusia dan setiap manusia wajib mendapatkan pendidikan yang layak. Tanpa pendidikan maka manusia akan berada pada kegelapan bahkan mengancam populasi manusia yang ada di bumi. Saat ini beragam upaya motivasi terus dikerahkan agar manusia mendapatkan pendidikan yang layak, salah satu upayanya adalah melalui rekomendasi film untuk pendidikan.

Seperti yang diketahui, motivasi dibuat agar orang-orang giat dan bersemangat dalam mengenyam pendidikan. Dan semakin berkembangnya zaman, kini pendidikan semakin dianggap penting, bahkan saat ini ada banyak sekali sistem pendidikan dunia yang lengkap, mulai dari fasilitas hingga sekolahnya. Tentu, hal ini menjadi bukti bahwa pendidikan masih di atas segalanya.

rekomendasi film untuk pendidikan

5 Rekomendasi Film untuk Pendidikan

Agar masyarakat dunia mendapatkan pendidikan yang layak, beragam upaya motivasi dilakukan. Salah satunya adalah motivasi melalui film bertema pendidikan yang sangat edukatif. Nah, rekomendasi film untuk pendidikan ini tentunya sangat cocok dan bermanfaat bagi semua orang. Penasaran apa saja? Yuk simak selengkapnya sebagai berikut.

1. Laskar Pelangi (2008)

Film yang dirilis pada tahun 2008 ini berhasil meraih banyak sekali penghargaan film. Film Laskar Pelangi menceritakan tentang kehidupan sekelompok anak-anak kurang mampu di Belitung dalam mengenyam pendidikan.

Dari film ini dapat disimpulkan bahwa pendidkan tak hanya bisa dicapai dengan sarana dan prasarana yang baik. Tetapi pendidikan juga harus dicapai dengan tekad dan cita-cita yang kuat. Film ini merupakan salah satu film wajib yang harus ditonton oleh para pelajar. Sebab semangat belajar yang ditampilkan pada film ini sangat patut untuk diapresiasi.

2. Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

Rekomendasi film untuk pendidikan selanjutnya ini menceritakan seorang anak laki-laki bernama Denias yang berasal dari suku pedalaman Papua. Denias adalah seorang siswa yang cerdas, rajin, dan berbakti. Dalam petualangannya, Denias sangat ingin mengenyam pendidikan yang layak, tapi sayangnya di daerah tempat tinggalnya tidak memiliki lembaga pendidikan resmi.

Ketika harapan dan satu-satunya tempat ia belajar sudah tak ada, Denias akhirnya bertekad pergi ke kota untuk mengenyam pendidikan yang layak. Dengan seluruh perjuangan yang ia kerahkan, akhirnya Denias dapat diterima di sebuah sekolah di kota.

Film ini sangat cocok untuk pelajar karena ada banyak sekali pesan moral di dalamnya. Dari film ini kita dapat mengajarkan anak-anak untuk tetap semangat dalam mencapai cita-cita, selalu berbakti kepada kedua orang tua, dan selalu berbudi baik.

3. Sokola Rimba (2013)

Film bertema pendidikan selanjutnya adalah Sokola Rimba yang dirilis oada tahun 2013. Film ini menceritakan tentang perjalanan Butet Manurung, seorang wanita yang bekerja di Lembaga Konservasi. Ia ditugaskan mengajar anak-anak suku pedalaman yang dikenal sebagai orang Rimba untuk membaca sekaligus menulis.

Namun di tengah tugasnya tersebut, Butet mengalami Malaria yang akhirnya ditolong oleh anak bernama Bungo. Bungo memang sudah lama tertarik dan memperhatikan Butet, jadi ia bermaksud untuk meminta pertolongan Butet untuk mengejarkannya baca tulis untuk memahami surat perjanjian yang merugikan warga desanya. Berkat tekad Bungo, akhirnya Butet berupaya membantunya walaupun awalnya ditentang keras oleh warga setempat.

4. Negeri 5 Menara (2011)

Diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama, film ini menceritakan tentang perjuangan Alif seorang anak Tanah Minang dalam mengejar cita-citanya untuk masuk ke Universitas impiannya di ITB dan menjelajahi dunia Eropa. Sayangnya kenyataan berkata lain, ibu Alif menginginkan agar ia melanjutkan pendidikan di pesantren dengan terpaksa.

Walaupun awalnya terpaksa, Alif menerima dan belajar banyak hal di pesantren. Bahkan ia juga berhasil meraih cita-citanya yang sempat tertunda. Pesan moral yang bisa diambil dari film ini adalah, siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil, di manapun kita berada.

5. Serdadu Kumbang (2011)

Rekomendasi film yang terakhir ini berlatar belakang keindahan Sumbawa Barat. Film ini menceritakan tentang kehidupan pendidikan anak-anak Sumbawa yang pada saat itu mengalami kegagalan dalam ujian nasional.

Film ini berfokus kepada tokoh bernama Amek, yang di mana anak ini kurang berprestasi lantaran ia merasa minder dengan bibirnya yang sumbing. Itulah sebabnya ia tidak berpikir untuk memiliki sebuah cita-cita lantaran cita-citanya sebagai penyiar berita di TV tidak mendukung.

Itulah 5 rekomendasi film untuk pendidikan dengan banyak pesan moral. Dengan hadirnya film bertema pendidikan ini, semoga pelajar di seluruh bagian dunia dapat termotivasi untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Bagikan:

Also Read