Berkenalan dengan Gmail, Surat Elektronik Milik Google

Daftar Pustaka

Gmail

Seiring dengan zaman yang semakin berkembang, kini surat elektronik atau email lebih banyak digunakan jika Anda bandingkan dengan surat konvensional. Satu di antara sekian platform penyedia surat elektronik yang paling populer adalah Gmail. Pengembang dari platform tersebut adalah Google.

Tidak hanya di daerah Indonesia saja, pengguna platform surat elektronik yang satu ini juga ada di seluruh belahan dunia. Anda pun bisa login Gmail dengan mudah, baik itu di ponsel iPhone, Android, maupun lewat laptop dan PC. Hanya saja, memang belum banyak yang tahu sejarah platform yang satu ini. 

Karena alasan tersebut, berikut adalah penjelasan tentang sejarah, fungsi, fitur juga segala kelebihan dan kekurangan platform ini!

Sejarah Singkat Gmail

Gmail

Bagi Anda yang belum tahu tentang apa kepanjangan Gmail, itu adalah Google Mail. Dari namanya saja, sudah jelas jika perusahaan raksasa Google adalah pemilik platform surat elektronik yang satu itu. Google mulai merilis satu di antara sekian produknya tersebut pada tanggal 1 April 2004. 

Pada saat itu, Google meluncurkan Beta untuk platform ini dalam bentuk undangan, sebelum akhirnya tersedia untuk publik di tanggal 7 Februari 2007. Hanya saja, di tahun tersebut status platform tersebut masih Beta. Platform Google Mail baru melepas status Beta di tanggal 7 Juli 2009.

Ketika dikenalkan kepada publik untuk pertama kali, Google Mail memiliki kapasitas penyimpanan 1 GB. Pada zaman itu, platform surat elektronik yang lain hanya memiliki kapasitas 2 MB hingga 4 MB saja. Sehingga jelas, banyak orang tertarik untuk membuat akun Gmail karena hal tersebut. 

Hingga kini, Google Mail masih menjadi platform surat elektronik yang paling populer di dunia. Kini, sudah ada 105 bahasa yang didukung platform yang satu ini. Lalu, menurut data di tahun 2018, jumlah pengguna Google Mail adalah 1,5 milliar orang yang tersebar di seluruh dunia. 

Fungsi dan Fitur Gmail 

Gmail

Beberapa dari Anda mungkin masih bingung, surat elektronik itu Gmail apa email, ya? Nah, ada beberapa hal yang perlu diluruskan.

Google Mail adalah salah satu platform yang menyediakan email. Selain Gmail, Anda juga bisa mengirimkan email dengan platform lain, seperti Yahoo, dan lain-lain.

Dari sana, mungkin Anda sudah bisa menarik kesimpulan jika apa fungsi dari Gmail adalah untuk mengirim pesan dalam bentuk surat. Hanya saja, surat tersebut dikirim secara elektronik sehingga Anda dapat mengirim dan menerima surat dalam hitungan detik. 

Di samping itu, Anda juga dapat menyimpan email yang Anda kirim dan Anda terima di Cloud melalui Google Mail. Sehingga, Anda dapat dengan mudah membuka dan juga membaca surat tersebut lagi ketika Anda membutuhkannya. Lalu, apa saja fitur yang ada di platform yang satu ini? 

Di dalam Google Mail, terdapat beberapa fitur yang cukup bemanfaat, seperti:

  • Akun terintergrasi dengan platform Google yang lain. 
  • Minim spam. 
  • Bisa mencari email dengan menggunakan fitur pencarian. 
  • Dapat mengirimkan lampiran di dalam email dengan ukuran yang cukup besar, yaitu hingga 25 MB per email. 
  • Memisahkan kategori email, dari email utama, sosial, hingga promosi. 
  • Memberi notifikasi pada saat ada email yang baru masuk. 

Kelebihan dan Kekurangan Gmail

Gmail

Sama seperti kebanyakan platform lain, Google Mail juga pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Terlebih, jika Anda membandingkan dengan platform penyedia surat elektronik lainnya. Kemudian, apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari platform email milik Google yang satu ini? 

Kelebihan

Tidak berlebihan jika Gmail memiliki jumlah pengguna terbanyak saat ini, sebab memang ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapat.

  • Google Mail memiliki ruang penyimpanan yang cenderung lebih besar dari platform yang lain. Sehingga, platform ini dapat dengan mudah menyimpan ribuan email tanpa masalah yang berarti. Lalu, platform ini juga memiliki anti virus terbaik. 
  • Server Google Mail juga tidak mudah down karena sumber daya yang besar dan stabil. Selain itu, Anda juga bisa login ke lebih dari satu akun Google Mail. 

Kekurangan

Selain kelebihan, tentu saja platform ini juga punya kekurangan yang harus Anda antisipasi. 

  • Platform milik Google ini punya banyak iklan. 
  • Server terkadang salah memberi label, sehingga email yang penting malah masuk ke spam. Jadi, Anda perlu secara rutin melihat ke dalam kotak spam sebagai bentuk jaga-jaga agar tidak ada email yang salah masuk. 

Itulah segala hal tentang Gmail yang perlu Anda tahu, mulai dari sejarah, fungsi dan fitur, hingga kelebihan dan kekurangan platform surat elektronik yang satu itu! 

Tags

Bagikan:

Also Read