Categories: Artikel Umum
| On 1 month ago

Memiliki Website Sekolah Seberapa Pentingkah?

By admin
Share

Pada masa digitalisasi sekarang ini dunia pendidikanpun sudah sangat modern dan merambah ke pembelajaran secara daring / online baik melalui layanan daring live maupun melalui website dan youtube. Terlebih lagi sejak masa pandemi covid yang menyebabkan tidak memungkinkannya pembelajaran secara tatap muka. Untuk itu memiliki sebuah website sekolah sepertinya sudah menjadi sebuah keharusan terutama untuk sekolah yang berada di perkotaan dan terjangkau layanan internet dengan mudah.

Dengan adanya website sekolah ini akan semakin memudahkan bagi para pengajar maupun para siswa untuk dapat mengakses kebutuhan informasi dan hal hal penting lain untuk mendukung proses pembelajaran baik secara daring maupun saat pembelajaran tatap muka nantinya.

Dengan memiliki website sekolah setidaknya ada 3 manfaat penting yang menjadikannya wajib dimiliki oleh sebuah sekolah dengan standar nasional. Nah apa ketiga manfaat tersebut? berikut di bawah ini kami berikan ulasanya.

Manfaat Memiliki Website Sekolah

  • Sebagai Media Informasi dan Komunikasi

Seperti sudah kita ketahui bersama bahwasanya sekolah memiliki ratusan siswa dan para guru pendidik yang tentunya bertempat tinggal di berbagai lokasi yang berbeda. Nah dengan keberadaan website sekolah ini akan memudahkan penyampaian dan penyebaran informasi dan komunikasi mengenai berbagai kebijakan, agenda sekolah dan hal hal penting lainya.

  • Sarana Belajar Online (E-Learning)

Sejak adanya pandemi covid 19 tren pembelajaran daring / e-learning ini dilakukan hampir semua

sekolah yang ada di Indonesia. Nah dengan adanya website sekolah ini akan semakin memudahkan dalam kegiatan pembelajaran. Pengumpulan dan dokumentasi tugas tugas siswa maupun berbagai materi pembelajaran dari para guru dapat terdoumentasi dengan baik.
  • Sebagai Sarana Branding Sekolah

Branding yang baik akan memberikan manfaat citra sekolah yang baik dimata masyarakat. Tentunya dengan adanya website sekolah citra di mata masyarakat akan semakin baik dengan memberikan informasi mengenai berbagai hal-hal positif tentang sekolah seperti daftar prestasi, sistem pembelajaran sekolah yang sudah menggunakan teknologi modern, guru – guru yang profesional hingga visi-misi sekolah yang seringkali belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Selain ketiga manfaat tersebut di atas tentunya masih banyak manfaat lain dengan memiliki website sekolah. Untuk semakin meningkatkan branding atau citra sekolah berikut juga kami berikan beberapa fitur yang wajib ada di dalam sebuah website sekolah.

Fitur-Fitur Website Sekolah

  • Profil Sekolah

Fitur paling penting yang pertama adalah halaman profil sekolah, kenapa demikian? hal tersebut dikarenakan halaman ini nantinya merupakan halaman yang paling sering di akses oleh para calon siswa atau ali murid yang tertarik dan memiliki minat dengan sekolah.

Di dalah halaman ini informasi yang penting untuk di tampilkan adalah sejarah dari sekolah,visi dan misi hingga catatan prestasi siswa dan alumni sekolah yang telah sukses dalam kariernya.

Dengan informasi tersebut akan semakin membuat pengunjung memberikan rasa kepercayaan yang kuat terhadap sekolah karena didukung oleh bukti nyata yang tentunya juga akan semakin meningkatkan citra sekolah.

  • Member area

Fitur wajib kedua dalam setiap website sekolah adalah fitur member area yang merupakan tempat berlajar dan mengajar secara daring. Dalam member area ini siswa dalam berkomunikasi dengan para pengajar baik untuk mengumpulkan tugas tugas maupun menerima kateri dan tugas dari para pengajar.

  • Penyimpanan Online

Fitur ini merupakan pelengkap dari fitur member area, dimana melalui fitur storage ini para siswa dan pengajar dapat mengunggah tugas – tugas dan file presentasi maupun jurnal dan materi lain dalam pembelajaran.

  • Galleri

Pada halaman ini biasanya berisi galeri multimedia dari setiap kegiatan dan event yang telah atau sedang dilakukan oleh siswa dan para pengajar sekolah.

  • Database Beserta Profil Guru

Database profil guru pengajar sangat penting untuk di tampilkan demi membangun citra sekolah di mata masyarakat. Karena dengan adanya profil para pengajar yang berkompeten akan membangun kepercayaan yang kuat bagi para siswa dan walimurid.

  • Alamat Sekolah

Untuk halaman alamat sekolah ini biasanya di tampilkan dalam versi embed dari Google Maps.

  • Event dan Kegiatan

Seperti halnya halaman galleri, pada halaman ini di tampikan informasi Event dan kegiatan yang akan dilakukan oleh sekolah.

  • Blog

Pada fitur blog ini menampikan berbagai informasi bermanfaat terutama terkait dengan materi pembelajaran. Informasi ini dapat disajikan dalam bentuk teks, infographic maupun video. Dengan sebakin banyaknya pengunjung pada blog akan dapat meningkatkan brand awareness sekolah.

Membuat Website Sekolah, Apa Saja yang Dibutuhkan?

Secara umum untuk membuat sebuah website sekolah ini hanya di perlukan domain dan server. Nah apa itu domain dan server? yuk kita bahas sama sama.

  • Domain

Di dalam konteks sebuah website secara umum domain ini adalah alamat dari website anda. Contohnya google.com, nah dalam contoh tersebut nama domain nya adalah google sedangkan ekstensinya adalah .com. Terdapat banyak sekali ekstensi domain dan yang umum seperti .com, .net. org, .id dan lain lain. masing masing ekstensi domain ini memiliki tujuan dan peruntukanya sendiri sendiri. Ekstensi domain untuk sekolah di Indonesia sendiri yaitu menggunakan ekstensi .sch.id

Pnyedia layanan domain ini juga terbilang sangat banyak sekali dari dalam negeri maupun dari luar negeri dan masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Untuk penyedia layanan domain di Indonesia kami merekomendasikan layanan dari PT.Deneva atau yang lebih dikenal dengan nama domainesia silahkan cek domain murah langsung ke websitenya yang berlamat di https://www.domainesia.com. Domainesia ini memiliki layanan yang sangat profesional yang di dukung oleh para staff berpengalaman dan dengan harga yang relatif terjangkau.

  • Server

Hal penting kedua dalam membuat sebuah website sekolah adalah server atau bisa disebut juga dengan web hosting. Secara umum web hosting ini merupakan sebuah tempat dimana semua data website anda disimpan. Web hosting itu sendiri memiliki beberapa jenis sesuai dengan peruntukan dan kebutuhan dari jenis website yang akan dibuat.

Nah salah satu pertimbangan dalam memilih web hosting adalah dari segi kecepatan loading website dan minim downtime

. PT.Deneva atau domainesia ini juga menyediakan layanan web hosting di Indonesia yang memiliki kecepatan loading website yang cepat dan minim downtime. Jika anda ingin membuat website sekolah anda dapat membeli domain dan web hosting murah satu tahun dengan mengunjungi websitenya di https://www.domainesia.com. Domainesia ini merupakan salah satu provider terpercaya sejak tahun 2009 dan telah menjadi pilihan ratusan ribu pelanggan dari dalam negeri maupun dari mancanegara dan telah diakreditasi oleh PANDI (Pengelola Nama Domain di Indonesia).

Nah sahabat daftarpustaka.org ternyata memiliki sebuah website sekolah memiliki berbagai manfaat bagi brand awareness sekolah dan cukup penting untuk dimiliki oleh setiap sekolah. Jika anda memiliki kesulitan dalam membuat website sekolah anda juga dapat mengkonsultasikanya dengan team dari domainesia, para staff disana akan dengan senang hati membantu anda. Demikian sekelumit ulasan yang dapat kami sampaikan semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sahabat semua.

admin