Tips Belajar Matematika yang Menyenangkan

Sudah menjadi rahasia umum jika matematika adalah salah satu pelajaran keramat yang dianggap sulit dan menakutkan. Bahkan, karena citranya yang sulit pelajaran inipun kerap digunakan sebagai indikator kecerdasan. Oleh karena itu tips belajar matematika yang menyenangkan kerap menjadi salah satu jalan ninja untuk meleburkan kesan seram dari mapel satu ini.

Matematika sendiri identik dengan angka-angka dan rumus dari mulai yang dasar hingga rumus tingkat dewa. Mungkin angka dan rumus tersebutlah yang memberikan kesan sulit pada mata pelajaran satu ini.

Padahal angka sendiri sudah diperkenalkan pada siswa sejak zaman PAUD atau TK, bahkan operasi sederhana seperti penjumlahan dan pengurangan pun sudah mulai dipelajari pada tahap ini.

Hal tersebut dilakukan karena proses berhitung merupakan basic skill yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Aspek kehidupan kita tidak terlepas dari proses hitung menghitung. 

Anda dapat menemukan konsep dasar matematika dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam jual beli barang, menghitung kebutuhan harian hingga proses membaca jam tidak lepas dari konsep matematika.

Oleh karena itu penting sekali membentuk konsep belajar matematika yang menyenangkan agar para siswa dapat menikmati pelajaran yang dikenal sulit ini.

Lalu adakah tips agar pelajaran matematika menjadi lebih seru dan menyenangkan? Tentu ada, mari simak tipsnya dengan membaca artikel ini hingga tuntas!

tips belajar matematika menyenangkan

Matematika Lebih Seru, Gunakan Tips Belajar Matematika yang Menyenangkan!

Mari kita ubah mindset anak didik kita tentang matematika yang rumit menjadi sebuah pelajaran yang seru. Anda dapat menyampaikan konsep ini dengan menjalankan tips belajar matematika yang menyenangkan.

Apa saja tipsnya? Berikut selengkapnya tentang tips belajar matematika yang menyenangkan:

1, Tanamkan Konsep Belajar Matematika yang Menyenangkan dengan Belajar Sambil Bermain

Belajar sambil bermain dapat Anda terapkan untuk menciptakan suasana belajar matematika yang menyenangkan. Anda dapat memanfaatkan alat peraga yang relevan terkait tema yang Anda ajarkan.

Sebagai contoh untuk matematika dasar, Anda dapat menggunakan permainan monopoli. Selain melibatkan strategi, permainan ini pun mengasah kemampuan operasional matematika berupa penjumlahan ataupun perkalian.

Anda pun dapat memanfaat batu, kelereng atau mainan favorit siswa untuk mengajarkan konsep perkalian dan pembagian.

Dengan suasana yang menyenangkan pelajaran akan lebih mudah diterima dengan baik oleh para siswa sehingga kesan matematika yang sulit pun bisa dihindari.

2. Berikan Konsep Dasar

Alih-alih memberikan penjabaran rumus, lebih baik Anda memberikan konsep dasar terlebih dahulu. Hafal semua rumus matematika bukanlah solusi tepat untuk menyelesaikan soal matematika. 

Oleh karena itu, sebelum masuk pada rumus dan pengaplikasiannya, Anda harus memberikan pemahaman konsep dasar matematika terlebih dahulu. Saat paham akan konsep dasar Anda akan tetap bisa mengerjakan soal berbekal pemahaman tersebut. Karena rumus adalah pengembangan dari konsep dasar yang utama.

Selain itu, kemampuan linguistik pun terlibat dalam pemahaman matematika. Kemampuan ini membantu siswa dalam memahami pertanyaan yang kerap membuat matematika menjadi salah satu pelajaran sulit sepanjang abad. Dengan memahami pertanyaan, siswa dapat fokus pada penyelesaian soal dan memilih konsep dasar yang tepat untuk menyelesaikan soal tersebut.

3. Membuat Soal Latihan yang Menyenangkan

Latihan adalah guru terbaik yang akan membuat mahir dalam mengerjakan soal matematika. Namun ada kalanya soal yang rumit membuat malas untuk mengerjakan latihan soal tersebut 

Karenanya soal yang atraktif atau dengan ilustrasi atau penokohan yang menarik akan membuat latihan soal lebih menyenangkan.

Saat terbangun rutinitas mengerjakan soal yang menyenangkan tentunya latihan-latihan soal tersebut akan membuat matematika tidaklah serumit yang dibayangkan.

4. Buat Ruang Diskusi Bersama Teman dan Guru

Belajar bersama dengan dibimbing oleh guru dapat menciptakan suasana yang menyenangkan. Buatlah ruang diskusi bersama teman dan guru untuk mengulik konsep dasar hingga membedah soal matematika.

Adakalanya siswa merasa kesulitan dengan Matematika karena tidak tempat untuk berdiskusi saat bertemu dengan soal yang rumit dan belum diketahui cara penyelesaiannya.

Sharing session untuk membahas soal-soal PR dapat dijadikan media diskusi bersama. Pada momen ini, guru dapat membekali penjelasan dari pekerjaan rumah yang telah dikerjakan para siswa. 

Demikian artikel mengenai Tips Belajar Matematika yang Menyenangkan. Semoga dengan adanya tips ini kesan seram matematika sebagai pelajaran seram perlahan memudar ya!

Exit mobile version