Urutan Tingkatan Pangkat Polisi Indonesia

Daftar Pustaka

Urutan Tingkatan Pangkat Polisi Indonesia

Polisi merupakan profesi yang sangat berjasa bagi kita sebagai warga negara di Indonesia. Tugas polisi memastikan keamanan tentu tidak bisa dipandang ringan. Pangkat polisi di Indonesia juga dibedakan berdasarkan urutannya. Berikut akan dibahas urutan pangkat polisi dan tingkatan pangkat polisi di Indonesia.

Urutan Tingkatan Pangkat Polisi Indonesia

Daftar Isi

Tugas Polisi

Sebelum membahas mengenai pangkat di dunia kepolisian, mari pahami dulu apa saja tugas polisi. Kita mengenal polisi sebagai penegak hukum di negara ini. Bahkan secara sederhana kita biasa mengartikan polisi sebagai orang yang bertugas memberi hukuman kepada orang yang bersalah.

Lebih luas lagi, polisi memiliki tugas yang begitu penting. Polisi adalah pelayan masyarakat dan abdi bagi negara. Menurut semboyan kepolisian, polisi ada untuk melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Urutan Pangkat dan Jabatan Polisi

Kira-kira ada apa saja pembagian pangkat di dunia kepolisian? Kita mungkin sering melihat polisi semuanya sama. Padahal mereka memiliki jabatan yang berbeda-beda. Berikut adalah urutan pangkat polisi yang ada di Indonesia :

Perwira Tinggi (Pati)

Golongan V dalam kepolisian disebut sebagai perwira tinggi. Berikut adalah urutan jabatan polisi yang ada di golongan V.

  1. Jenderal Polisi

Pangkat jenderal memegang posisi paling tinggi di kepolisian. Polisi dengan pangkat jenderal tentu memiliki tugas yang penting dan berat. Lambang yang dimiliki oleh jenderal adalah 4 bintang berwarna emas yang juga merupakan tanda kehormatan.

Lambang Pangkat Jenderal Polisi

Lambang Pangkat Jenderal Polisi

  1. Komjen Pol. (Komisaris Jenderal Polisi)

Polisi dengan pangkat komjen biasanya memiliki jabatan penting dalam kepolisian. Komjen itu sendiri merupakan kependekan dari komisaris jenderal. Biasanya komjen menempati jabatan kepala BNN, wakapolri, sampai kabaintelkam. Lambang polisi dengan pangkat komjen adalah 3 bintang berwarna emas.

Lambang Pangkat Komjen Polisi

Lambang Pangkat KomjenPolisi

  1. Irjen Pol. (Inspektur Jenderal Polisi)

Irjen atau inspektur jenderal menempati posisi di atas brigjen. Polisi dengan pangkat irjen dapat menempati jabatan sebagai kapolda. Simbol yang dimiliki oleh irjen adalah 2 bintang berwarna emas.

Lambang Pangkat Inspektur Jenderal Polisi

Lambang pangkat Inspektur Jenderal Polisi

  1. Brigjen. Pol. (Brigadir Jenderal Polisi)

Pangkat brigjen menempati posisi paling bawah pada golongan perwira tinggi. Polisi dengan pangkat brigjen ini bisa menjabat sebagai kapolda. Brigjen memiliki simbol bintang satu.

Lambang Pangkat Brigadir Jenderal Polisi

Lambang Pangkat Brigadir Jenderal Polisi

Perwira Menengah (Pamen)

Polisi golongan IV disebut sebagai perwira menengah. Ada tiga jabatan polisi yang ada di golongan ini. Berikut adalah pangkat polisi yang ada di golongan IV.

  1. Kombes Pol. (Komisaris Besar Polisi)

Pangkat tertinggi yang ada di golongan perwira menengah adalah kombes atau komisaris besar. Polisi dengan pangkat kombes ini biasanya menempati jabatan sebagai wakapolresta hingga wakapolda. Lambang bagi polisi berpangkat kombes adalah 3 melati berwarna emas.

Lambang Pangkat Kombes Pol.

Lambang Pangkat Komisaris Besar Polisi

  1. AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi)

Polisi dengan pangkat AKBP atau ajun komisaris besar polisi biasanya akan menempati jabatan kapolres. Tugas AKBP akan dibantu oleh kompol yang ada di wilayah yang sama. Polisi dengan pangkat AKBP ini memiliki simbol bunga melati 2 yang berwarna emas.

Lambang Pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi

Lambang Pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi

  1. Kompol (Komisaris Polisi)

Kompol atau komisaris polisi menempati jabatan terendah dalam golongan perwira menengah. Namun, polisi dengan golongan ini sudah bisa mendapat posisi sebagai kapolresta. Polisi yang bisa sampai ke pangkat ini harus memiliki prestasi dan pendidikan yang mendukung. Kompol memiliki simbol melati di seragamnya.

Lambang Pangkat Komisaris Polisi

Lambang Pangkat Komisaris Polisi

Baca juga artikel ini:

Hak dan Kewajiban Warga Negara, Yuk Pahami Lebih Dekat

Perwira Pertama (Pama)

Polisi golongan III dikenal juga dengan nama perwira pertama. Polisi yang ada di golongan ini memiliki kemampuan khusus dan harus menempuh sekolah khusus. Mencapai golongan III atau perwira pertama ini cukup sulit. Jika ingin sampai di golongan ini, Anda perlu menempuh pendidikan di Akpol atau Akademi Kepolisian.

  1. AKP (Ajun Komisaris Polisi)

Polisi dengan pangkat AKP menempati posisi tertinggi dari golongan perwira pertama. AKP itu sendiri merupakan kependekan dari Ajun Komisaris Polisi. Tugas AKP adalah mengawasi semua polisi dengan pangkat di bawahnya. AKP memiliki lambang setrip 3 dengan warna emas yang dipasang di pundak.

Lambang Pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP)

Lambang Pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP)

  1. Iptu (Inspektur Polisi Satu)

Polisi dengan pangkat iptu atau inspektur polisi satu memiliki tugas mengawasi dan memastikan perintah berjalan dengan baik. Tugas Iptu ini akan dibantu oleh polisi dengan pangkat aiptu. Iptu juga sering disebut dengan letnan satu dan memiliki lambang setrip 2 yang berwarna emas.

Lambang Pangkat Iptu (Inspektur Polisi Satu)

Lambang Pangkat Iptu (Inspektur Polisi Satu)

  1. Ipda (Inspektur Polisi Dua)

Dahulu sebelum tahun 2001, polisi pada pangkat ini disebut Letnan Dua, sama seperti pangkat yang setara di militer dan memiliki lambang setrip 1 yang berwarna emas.

Lambang Pangkat Ipda (Inspektur Polisi Dua)

Lambang Pangkat Ipda (Inspektur Polisi Dua)

Bintara

Polisi golongan II dikenal juga dengan nama bintara. Berikut adalah urutan pangkat polisi golongan II.

  1. Aiptu (Ajun Inspektur Polisi Satu)

Setelah aipda ada aiptu yang merupakan pangkat tertinggi dari golongan 2 atau bintara. Aiptu ini memegang tugas membantu letnan dua. Polisi dengan pangkat aipda ini bertugas menyusun perencanaan. Lambang dari polisi pangkat aiptu ini adalah 2 gabungan huruf V terbalik.

Lambang Pangkat Aiptu (Ajun Inspektur Polisi Satu)

Lambang Pangkat Aiptu (Ajun Inspektur Polisi Satu)

  1. Aipda (Ajun Inspektur Polisi Dua)

Polisi dengan pangkat aipda menempati posisi sebagai penghubung antara letnan dan brigadir. Aipda itu sendiri merupakan kependekan dari ajun inspektur polisi dua. Polisi ini mendapat tugas sebagai asisten dari letnan dua dan memiliki lambang gabungan 2 huruf V terbalik.

Lambang Pangkat Aipda (Ajun Inspektur Polisi Dua)

Lambang Pangkat Aipda (Ajun Inspektur Polisi Dua)

  1. Bripka (Brigadir Polisi Kepala)

Tugas bripda, briptu, dan brigpol diawasi langsung oleh bripka. Pangkat bripka atau brigadir polisi ini menempati posisi tertinggi pada golongan brigadir. Polisi dengan pangkat bripka memiliki lambang 4 huruf V terbalik dengan warna perak.

Lambang Pangkat Bripka (Brigadir Polisi Kepala)

Lambang Pangkat Bripka (Brigadir Polisi Kepala)

  1. Brigpol (Brigadir Polisi)

Polisi dengan pangkat brigpol memiliki tugas memantau dan memastikan bripda dan briptu menjalankan kewajiban sesuai SOP yang berlaku. Jika terjadi kesalahan yang dilakukan oleh bripda dan briptu maka brigpol akan bertanggung jawab terhadap kesalahan tersebut. Lambang brigpol adalah 3 huruf V terbalik berwarna perak.

Lambang Pangkat Brigpol (Brigadir Polisi)

Lambang Pangkat Brigpol (Brigadir Polisi)

  1. Briptu (Brigadir Polisi Satu)

Briptu merupakan brigadir polisi satu yang dulu disebut sersan satu. Polisi dengan pangkat briptu ini membawahi polisi bripda dan polisi golongan tamtama. Polisi ini memiliki lambang 2 huruf V terbalik yang berwarna perak.

Lambang Pangkat Briptu (Brigadir Polisi Satu)

Lambang Pangkat Briptu (Brigadir Polisi Satu)

  1. Bripda (Brigadir Polisi Dua)

Polisi dengan pangkat bripda memegang tugas yang berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat. Bripda itu sendiri merupakan kependekan dari brigadir polisi dua. Polisi dengan pangkat ini biasa bertugas di layanan pembuatan SIM dan mengatur lalu lintas. Lambang Bripda sama seperti Abribda namun dengan warna silver.

Lambang Pangkat Bripda (Brigadir Polisi Dua)

Lambang Pangkat Bripda (Brigadir Polisi Dua)

Tamtama

Polisi pada golongan I disebut juga dengan nama bhayangkara. Bisa dikatakan bahwa golongan ini menempati posisi terendah dalam dunia kepolisian. Berikut adalah pangkat polisi yang ada di golongan bhayangkara.

  1. Abripol (Ajun Brigadir Polisi)

Pangkat ini menempati posisi tertinggi pada polisi golongan I. Abripol itu sendiri merupakan kependekan dari ajun brigadir polisi. Anda bisa mengenali polisi berpangkat abripol dengan mudah karena ada simbol 3 huruf V terbalik berwarna merah.

Lambang Pangkat Abripol (Ajun Brigadir Polisi)
Lambang Pangkat Abripol (Ajun Brigadir Polisi)
  1. Abriptu (Ajun Brigadir Polisi Satu)

Abriptu adalah ajun brigadir polisi satu yang dulunya bernama kopral satu atau pratu. Polisi dengan pangkat abriptu memiliki lambang 2 huruf V terbalik yang berwarna merah.

Lambang Pangkat Abriptu (Ajun Brigadir Polisi Satu)

Lambang Pangkat Abriptu (Ajun Brigadir Polisi Satu)

  1. Abribda (Ajun Brigadir Polisi Dua)

Setelah tingkat bhayangkara selanjutnya adalah ajun brigadir. Tingkat yang pertama adalah apribda yaitu ajun brigadir polisi dua. Polisi pada pangkat ini menggunakan lambang huruf V terbalik yang berwarna merah.

Lambang Pangkat Abribda (Ajun Brigadir Polisi Dua)

Lambang Pangkat Apribda (Ajun Brigadir Polisi Dua)

  1. Bharaka (Bhayangkara Kepala)

Bharaka adalah kependekan dari bhayangkara kepala. Posisi bharaka lebih tinggi dibandingkan dua pangkat yang dibahas sebelumnya. Simbol untuk jabatan ini adalah tiga garis miring berwarna merah.

Lambang Pangkat Bharaka (Bhayangkara Kepala)

Lambang Pangkat Bharaka (Bhayangkara Kepala)

  1. Bharatu (Bhayangkara Satu)

Bharatu merupakan kependekan dari bhayangkara satu. Polisi yang telah mengabdi selama 5 tahun lebih akan diberi pangkat yang satu ini. Nama bharatu ini dikenal pada tahun 2001. Sebelumnya jabatan ini dikenal dengan nama pratu atau prajurit satu. Simbol yang digunakan untuk jabatan ini adalah dua garis miring warna merah.

Lambang Pangkat Bharatu (Bhayangkara Satu)

Lambang Pangkat Bharatu (Bhayangkara Satu)

  1. Bharada (Bhayangkara Dua)

Bharada itu sendiri merupakan kependekan dari bhayangkara dua. Pangkat ini merupakan yang terendah dibandingkan pangkat lainnya. Simbol warna untuk pangkat ini adalah warna merah dalam bentuk satu garis miring. Bharada merupakan awal perjalanan karier bagi polisi.

Lambang Pangkat Bharatu (Bhayangkara Dua)

Lambang Pangkat Bharatu (Bhayangkara Dua)

Nah sahabat daftarpustaka.org itulah penjelasan mengenai pangkat polisi. Memahami urutan pangkat dalam dunia kepolisian penting bagi Anda terutama yang ingin bekerja sebagai polisi. Setiap polisi pada jabatan mereka masing-masing memiliki tugas yang sama pentingnya dan berjasa bagi negara.

Bagikan:

Also Read