Beasiswa Gerbang Raja

Daftar Pustaka

Beasiswa Kutai Kertanegara

Beasiswa Gerbang RajaBeasiswa gerbang raja, Anda tentu tidak asing bukan dengan beasiswa satu ini? Bagi Anda yang tengah mengajukan beasiswa tentu akan sangat familiar. Bahkan tidak sedikit yang mengharapkannya.

Beasiswa ini sangat berkaitan erat dengan bidang pendidikan. Lantas, seberapa pentingkah pendidikan? Pendidikan tentu sangat penting terutama untuk meningkatkan kesempatan Anda dalam berkarir. Meski demikian, pendidikan juga sebaiknya dibarengi dengan kemampuan atau skill yang mumpuni supaya bisa meraih apa yang Anda inginkan di masa depan.

Ada banyak lulusan SMK maupun SMA yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya dengan berkuliah. Sayangnya, tidak semua lulusan bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan karena terkendala biaya. Meski demikian, Anda harus tahu jika ada banyak beasiswa di perguruan tinggi yang bisa didapatkan.

Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir saat ingin melanjutkan pendidikan namun, biaya belum ada. Apalagi, beasiswa bukan hanya diberikan oleh pihak universitas, namun masih banyak jenis beasiswa lainnya yang siap membantu pelajar untuk menempuh pendidikan.

Apa itu Beasiswa dan Perannya bagi Pelajar juga Mahasiswa

Beasiswa merupakan bantuan bagi mereka yang tengah menempuh pendidikan entah yang masih sekolah ataupun kuliah, agar bisa menyelesaikan tugasnya dalam mencari ilmu sampai selesai. Bentuk beasiswa sendiri adalah bantuan yang berupa dana agar bisa digunakan selama menempuh pendidikan di tempat pelajar atau mahasiswa dalam mencari ilmu.

Beasiswa memiliki peran yang begitu besar dalam membantu para peserta didik supaya bisa belajar dengan baik dan layak. Beberapa tujuan diberikannya beasiswa antara lain adalah sebagai berikut:

  • Agar ilmu pengetahuan bisa lebih merata sehingga mereka yang kurang mampu secara finansial juga bisa mengenyam pendidikan sampai selesai. Alhasil, bukan hanya yang kecukupan saja yang bisa kuliah
  • Agar pelajar maupun mahasiswa bisa mencari ilmu sesuai dengan bidang yang ia dikuasai tanpa harus kebingungan dimana harus membayar biaya selama berkuliah
  • Meningkatkan generasi yang cerdas dan pintar. Dengan adanya beasiswa, mahasiswa yang cerdas akan tumbuh dan berguna bagi bangsa maupun negara
  • Untuk meningkatkan kesejahteraan dengan generasi yang saling memberi ide serta ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan saat belajar

Keberadaan beasiswa memiliki posisi yang begitu penting terutama untuk membantu pelajar yang berprestasi, namun kurang mampu secara finansial. Beasiswa yang diberikan juga beragam dan pastinya pelajar atau mahasiswa tidak harus menggantungkan pada satu macam beasiswa saja.

Untuk mendapatkan beasiswa yang diinginkan, ada baiknya untuk secara rutin mencari informasi beasiswa terkini.

Beasiswa Kutai Kertanegara

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada banyak sekali manfaat beasiswa bagi seorang pelajar ataupun mahasiswa. Dengan adanya beasiswa, Anda bisa mengandalkan dana tersebut untuk melanjutkan pendidikan tinggi di universitas ataupun lokasi belajar yang lainnya.

Salah satu wilayah yang memperhatikan putra putri daerah agar bisa mendapatkan pendidikan yang layak adalah Kutai Kertanegara. Kukar memberikan beasiswa gerbang raja yang bisa diandalkan sebagai salah satu peluang untuk meringankan beban biaya pendidikan.

Bagi Anda yang merupakan putra dan putri daerah Kutai Kertanegara, Anda bisa mencoba beasiswa gerbang raja yang satu ini untuk meringankan biaya pendidikan.

Beasiswa gerbang raja telah banyak diberikan demi membantu para mahasiswa yang kesulitan keuangan dan yang berprestasi agar tidak terbebani dengan biaya kuliah yang semakin hari semakin tinggi.

Ada beberapa kategori beasiswa yang diberikan mulai dari beasiswa prestasi akademik, Program beasiswa kurang mampu, beasiswa prestasi non akademik dan lain sebagainya. Anda bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan jenis beasiswa mana yang diinginkan.

Syarat Mendaftar Beasiswa Gerbang Raja

Bagaimana, sahabat www.daftarpustaka.org tertarik untuk mendaftar beasiswa gerbang raja? Anda harus memenuhi persyaratan yang diajukan terlebih dahulu. Persyaratan yang diajukan harus dilengkapi agar kesempatan untuk mendapatkan beasiswa bisa lebih besar.

Pendaftaran beasiswa sendiri bisa dilakukan secara online, sehingga mempermudah bagi para pencari beasiswa bahkan yang berada di tempat pelosok sekalipun. Alhasil, pendaftar bisa lebih hemat waktu maupun dari segi biaya untuk transport.

Adapun dana yang diberikan pada penerima beasiswa gerbang raja berbeda antara satu dengan yang lainnya sesuai dengan jenis beasiswa yang mereka ambil. Semakin tinggi jenjang pendidikannya, maka semakin tinggi pula nilai beasiswa yang penerima dapatkan. Meski demikian, sebelum mendapatkan beasiswa, Anda harus penuhi dulu syarat-syaratnya.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para pencari beasiswa antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pas photo dengan ukuran 4×6 berwarna sebanyak 3 lembar
  • Fotocopy buku tabungan yang dimiliki dan masih berlaku atas nama dari pendaftar beasiswa sebanyak 3 lembar. Adapun bank yang ditunjuk adalah bank BRI, BPD Kaltim dan BSM.
  • Fotocopy surat izin penyelenggaraan program studi yang dikeluarkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan nasional atau kementerian lain yang berkaitan
  • Syarat mendaftar beasiswa gerbang raja yang selanjutnya adalah Fotocopy KHS dengan minimal IPKnya adalah 2,65 untuk eksakta dan 2,90 untuk sosial
  • Fotocopy Kartu Keluarga legalisir DISDUKCAPIL kabupaten Kutai Kertanegara atau bisa juga kecamatan setempat sebanyak 3 lembar
  • Fotocopy kartu mahasiswa legalisir oleh pejabat yang berwenang sebanyak 3 lembar
  • Surat keterangan jika masih aktif mengikuti kuliah yang dikeluarkan oleh pihak perguruan tinggi atau institut yang terkait sebanyak 3 lembar. 1 yang asli sedangkan 2 lainnya fotocopy.
  • Surat keterangan yang menerangkan jika pihak penerima bukanlah dari kalangan karyawan maupun Pegawai Negeri Sipil sebanyak 3 lembar. 1 asli dan 2 lainnya fotocopy

Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya untuk memastikan ragam persyaratan yang diajukan telah terpenuhi. Begitu beasiswa gerbang raja dibuka, Anda bisa segera mengumpulkan berkas persyaratan dan melakukan pendaftaran.

Tidak semua pendaftar akan mendapatkan beasiswa gerbang raja, melainkan mereka yang memenuhi persyaratan dan kualifikasi dari pemberi beasiswalah yang akan mendapatkannya.

Beasiswa Kutai Kertanegara

Tips Mendapatkan Beasiswa

Ada banyak sekali beasiswa yang bisa didapatkan dan bukan hanya beasiswa gerbang raja saja. Ragam beasiswa tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu solusi untuk mengenyam pendidikan tinggi, namun keuangan belum mencukupi.

Selain dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah, masih banyak perusahaan besar yang berupaya memajukan pendidikan bangsa dengan memberikan beasiswa.

Bagi Anda yang tertarik mendapatkan beasiswa entah untuk berkuliah di dalam maupun di luar negeri, maka tak ada salahnya mempertimbangkan tips mendapatkan beasiswa yang berikut ini:

1. Pilih universitas dan jurusan yang diinginkan

Tips mendapatkan beasiswa yang pertama adalah dengan memastikan jurusan serta universitas yang dipilih sesuai dengan minat yang Anda inginkan. Pemilihan universitas akan lebih baik jika dilakukan sesuai dengan minat dan bakat.  Kuliah di jurusan yang disukai tentu akan membakar semangat saat menempuh pendidikan.

2. Cari program beasiswa

Langkah selanjutnya adalah dengan mencari program beasiswa yang tepat. Ada banyak sekali program beasiswa yang bisa didapatkan termasuk juga beasiswa gerbang raja untuk putra dan putri daerah Kutai Kertanegara. Sesuaikan sendiri program beasiswa mana yang diinginkan mulai dari dalam maupun luar negeri.

Sebagai contoh saat Anda ingin mendaftar perguruan tinggi di Kanada, Anda bisa mencari beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Kanada ataupun pihak dalam negeri yang telah bekerja sama dengan perguruan tinggi di Kanada.  Selama mencari beasiswa, ada baiknya untuk secara rutin mengecek situs yang bersangkutan.

Dengan melakukan pengecekan secara rutin, Anda tidak akan melewatkan informasi terbaru yang berkaitan dengan pemberian beasiswa.

3. Membuat CV yang menarik

Tips yang selanjutnya adalah dengan membuat CV alias Curriculum Vitae yang menarik. Beberapa dari kita barangkali berpikir jika CV hanya digunakan dalam melamar pekerjaan saja, namun Anda juga bisa menggunakan CV untuk dimasukkan ke dalam salah satu syarat pendaftaran beasiswa.

Untuk meningkatkan presentase Anda mendapatkan beasiswa, Anda bisa membuat CV sedetail dan selengkap mungkin. Hal ini dilakukan untuk membuat pihak pemberi atau penyalur beasiswa menjadi lebih terkesan dengan prestasi yang Anda miliki.

4. Kursus bahasa Inggris

Tertarik melakukan pendaftaran di universitas kenamaan di luar negeri? Anda bisa lakukan kursus bahasa Inggris terlebih dahulu. Tak perlu khawatir karena ada banyak sekali tempat untuk belajar bahasa Inggris yang bisa Anda kunjungi.

Pilih sendiri mana lokasi les yang berkualitas dan mampu membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Harga jasa yang ditawarkan juga beragam dan bisa disesuaikan dengan keuangan Anda saat ini.

5. Lengkapi persyaratan yang diajukan

Ada beberapa syarat yang akan diajukan oleh pemberi beasiswa termasuk juga beasiswa gerbang raja. Ada baiknya, jika Anda perhatikan ragam syarat yang diajukan tersebut dan lengkapi sebaik mungkin.

Ada baiknya untuk tidak menyoal remeh persyaratan serta kelengkapan dokumen yang diharuskan. Karena terlupa satu syarat saja, hal ini bisa membuat Anda menjadi pihak yang disingkirkan sebagai penerima beasiswa. Catat informasi penting berupa persyaratan beasiswa entah di buku catatan atau bahkan di smartphone agar tidak terlupa.

Selanjutnya, masukkan ragam persyaratan yang diajukan ke dalam map agar dokumen yang penting tidak tercecer dan hilang.

6. Segera lakukan pendaftaran

Begitu pendaftaran dibuka, Ada baiknya untuk segera melakukan pendaftaran. Pastikan jika syarat yang dibutuhkan sudah dilengkapi. Pada tiap pemberian beasiswa, tentu ada kuota yang harus dipenuhi. Jika kuota telah penuh, penyalur beasiswa akan menutup pendaftaran sehingga Anda tak bisa melakukan partisipasi sebagai pendaftar lagi.

Pendaftar beasiswa biasanya cukup banyak bahkan mencapai ribuan. Jika tidak segera mendaftar, Anda bisa tertinggal. Pada tiap pengumuman beasiswa, biasanya akan disertakan tanggal terakhir dan tanggal dibukanya pendaftaran. Anda bisa mencatatnya, atau jika perlu nyalakan pengingat di ponsel yang telah di-setting sebelumnya.

7. Ikuti tes seleksi dengan baik

Setelah berkas selesai dikumpulkan, Anda tinggal menunggu kapan seleksi akan dilakukan. Beberapa beasiswa memang hanya mengharuskan mengumpulkan sejumlah dokumen saja. Namun, beberapa yang lainnya juga mensyaratkan adanya tes seleksi. Hal ini dilakukan untuk menentukan siapa penerima terbaik yang bisa maju mendapatkan beasiswa.

Tes seleksi bisa berupa wawancara atau bisa juga berupa essay dan menjawab pertanyaan. Tes tersebut seringkali membuat banyak orang gugup hingga menghasilkan penilaian yang kurang memuaskan.

Agar bisa mendapatkan nilai sesuai yang diharapkan, Anda bisa mengindentifikasi tema essay berikut dengan soal yang mereka berikan.

Nah, bagi Anda yang saat ini tengah berupaya untuk mendapatkan beasiswa gerbang raja, maka tidak ada salahnya menerapkan berbagai tips di atas. Manfaatkan waktu sebelum dilakukannya seleksi untuk belajar secara baik. Anda juga bisa mencari referensi terkait dengan soal dan tes wawancara terkait beasiswa pada tahun-tahun sebelumnya.

Bagikan:

Also Read