Apa itu Fotosintesis? Inilah Definisi, Proses, dan Manfaatnya!

Apakah di kotamu masih ada tumbuhan hijau? Kamu pernah tidak berpikir kira-kira dari mana tumbuhan ini memperoleh makanan? Tumbuhan hijau memperoleh makanan dari fotosintesis. Apa itu fotosintesis?

Secara sederhana, fotosintesis adalah proses tumbuhan hijau membuat makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari. Nah, jika kamu bernafas menghasilkan karbon dioksida, maka tumbuhan membutuhkan karbondioksida untuk bisa diolah menjadi oksigen melalui fotosintesis.

Bagaimana prosesnya? Yuk, kita belajar sama-sama di sini!

Definisi Fotosintesis

Mengenal Apa itu Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses pembentukan makanan pada tumbuhan hijau dengan cara mengubah senyawa air dan karbondioksida dibantu sinar matahari menjadi glukosa. Glukosa inilah yang menjadi makanan bagi tumbuhan.

Namun, hasil dari fotosintesis ini tidak hanya berguna bagi tumbuhan saja, tetapi juga berguna untuk manusia. Hal ini karena selain glukosa, hasil fotosintesis lainnya yaitu oksigen yang dibutuhkan manusia untuk bernafas.

Secara umum, fotosintesis terjadi di daun karena di daun ini ada organel bernama kloroplas. Nah, kloroplas ini mengandung klorofil yang berfungsi untuk menangkap cahaya matahari.

Proses Fotosintesis

Proses fotosintesis terbagi menjadi dua tahap. Tahap 1 yaitu reaksi terang (proses ini bergantung pada cahaya) dan tahap 2 yaitu reaksi gelap (proses ini tidak bergantung pada cahaya).

Proses fotosintesis reaksi terang ini berlangsung di klorofil. Pada reaksi terang, sinar matahari diubah menjadi senyawa kimia yang akan berguna untuk proses berikutnya. 

pada proses selanjutnya, air dipecah menghasilkan elektron dan akan terjadi pelepasan oksigen. Kemudian, oksigen tersebut akan menghasilkan ATP dan NADPH.

Untuk reaksi gelap, proses fotosintesis tidak memerlukan sinar matahari. Pada prosesnya membutuhkan karbon dioksida dengan penambahan hidrogen untuk dimodifikasi menjadi bentuk karbohidrat atau kita sebut dengan gula. Proses fotosintesis reaksi gelap ini berlangsung pada kloroplas atau stroma.

Siklus Calvin

Pembentukan glukosa menjadi karbondioksida ini sering kita sebut dengan siklus Calvin. Apa itu Siklus Calvin? 

Siklus Calvin ditemukan oleh Melvin Calvin Ellis. Siklus Calvin merupakan reaksi pembentukan glukosa melalui reaksi kimia yang mengubah karbon dioksida dan beberapa komponen lain menjadi gliserol 3 fosfat. Proses ini terus berlangsung secara berulang ulang

Sebenarnya siklus calvin terbagi menjadi tiga bagian yaitu fiksasi karbon, reduksi, dan regenerasi.

1. Fiksasi Karbon

Pada tahap ini akan dilakukan penangkapan karbon dioksida  dan ribulose bifosfat oleh enzim rubisco. Selanjutnya, karbon akan dipecah menjadi dua atau tiga bagian fosfogliserat.

2. Reduksi

Pada tahapan ini, molekul 3 fosfogliserat akan menerima satu gugus tambahan yaitu ATP menjadi 1,3 bio fosfogliserat. Kemudian, sepasang elektron dari NADPH mereduksi 1,3 biofosfogliserat yang akan kehilangan sebuah gugus fosfat dan berubah menjadi G3P

3. Regenerasi

Dalam proses tahapan akhir ini terjadi penerimaan G3P. Ini terjadi dalam serangkaian reaksi kompleks di mana molekul G3P akan disusun ulang oleh siklus Calvin menjadi 3 molekul RuBP menggunakan 3 molekul ATP.

Syarat Fotosintesis

Fotosintesis tidak bisa terjadi begitu saja pada setiap tumbuhan  Syarat terjadinya fotosintesis yaitu:

Jika seluruh syarat tersebut telah terpenuhi, maka proses fotosintesis dapat terjadi dalam dua tahap yaitu reaksi gelap dan reaksi terang. 

Manfaat Fotosintesis

Selain menjadi sumber makanan bagi tumbuhan hijau, fotosintesis juga memiliki manfaat lain, yaitu:

  1. Menghasilkan oksigen. Tidak hanya manusia, tentu setiap makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bernafas.
  2. Membentuk buah dan umbi pada tumbuhan. Ini merupakan cadangan makanan bagi tumbuhan yang tentunya juga bisa manusia konsumsi. 
  3. Menghasilkan glukosa. Glukosa berguna sebagai bahan bakar untuk membangun zat makanan lain, seperti protein atau lemak.
  4. Melembabkan udara. Saat musim panas, makhluk hidup dapat berlindung di balik tumbuhan untuk mendapatkan udara yang sejuk dan lembab
  5. Sebagai sumber rantai makanan bagi makhluk hidup. Tumbuhan hijau menjadi rantai makanan pertama bagi hewan-hewan herbivora atau hewan pemakan tumbuhan.

Sekarang sudah tidak bingung lagi ya apa itu fotosintesis? Jadi, fotosintesis adalah perubahan air dan karbon dioksida menggunakan bantuan sinar matahari menghasilkan oksigen dan cadangan makanan bagi tumbuhan. Proses fotosintesis juga menjadi awal dari proses rantai makanan makhluk hidup.

Exit mobile version