Nilai-Nilai Pancasila dan Penerapannya Dalam Bernegara dan Bermasyarakat

Daftar Pustaka

Nilai nilai yang terkandung dalam pancasila

Memiliki pemahaman tentang nilai-nilai pancasila sangatlah penting bagi kita. Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila harus selalu kita terapkan. Berikut akan dibahas lebih lengkap mengenai nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktik bermasyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan negara.

Nilai nilai yang terkandung dalam pancasila

Nilai-Nilai Pancasila

Nilai Dasar

Penting sekali untuk memahami nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktik kehidupan berbangsa dan bernegara. Mari kita mulai dengan memahami nilai dasar dari pancasila. Pancasila memiliki dua nilai dasar yang dikenal dengan nilai objektif dan nilai subjektif.

1. Nilai Objektif

Nilai yang bersifat objektif berarti bisa diterima secara universal dan sangat relevan dengan kehidupan sosial yang kita hadapi sekarang. Nilai ini bersifat universal sehingga bisa diterima oleh siapa saja dan dimana saja. Itulah pancasila dimana semua nilainya bisa berlaku dimana saja dan bagi siapa saja.

2. Nilai Subjektif

Berlawanan dengan nilai objektif, nilai subjektif merupakan nilai yang tidak berlaku secara universal atau umum. Pancasila juga mengandung nilai subjektif yang berlaku berdasarkan wilayah maupun kelompok tertentu. Namun kembali lagi penerapan nilai ini tidak akan merusak kehidupan dan kerukunan bangsa Indonesia.

Sila Pertama - Ketuhanan Yang Maha Esa

Sila Pertama

Bunyi sila pertama pada pancasila adalah ‘Ketuhanan yang Maha Esa’. Jelas sekali bahwa pada sila ini kita bisa melihat adanya pesan religius di sana. Berikut adalah penjelasan mengenai nilai-nilai yang ada di dalam pancasila sila pertama.

1. Memiliki Nilai Takwa

Sebagai manusia dan warga negara, kita harus memiliki sikap takwa kepada Tuhan. Kita harus yakin bahwa Tuhan yang Maha Esa itu ada dan menjadi penuntun bagi hidup kita. Tuhan menjadi tempat bagi kita untuk menggantungkan takdir dan jalan hidup sebagai kesatuan bangsa Indonesia.

2. Memiliki Kebebasan Beragama

Sila pertama dari pancasila ini juga mengandung nilai kebebasan kita dalam beragama. Kita bebas memeluk agama apapun sesuai dengan keyakinan yang kita miliki. Tidak ada siapapun yang bisa memaksa pilihan kita dalam beragama. Kita semua juga wajib menghargai pilihan agama masing-masing orang dan tidak boleh saling menjatuhkan.

3. Toleransi dalam Beragama

Selain memuat nilai kebebasan dalam beragama, sila pertama juga memuat nilai toleransi beragama. Sebagai bangsa Indonesia kita harus menghargai agama orang lain. Kita tidak boleh mengganggu dan menghalangi orang lain untuk beribadah. Kita juga harus menerima perlakuan yang sama dan mendapat kebebasan beribadah.

Toleransi dalam beragama juga bisa ditunjukkan dengan tidak mencemooh agama orang lain. Setiap orang memiliki kepercayaan masing-masing dan Anda harus menghormatinya. Dimulai dari diri kita sendiri menghargai kepercayaan orang lain maka keyakinan yang kita miliki juga tidak akan diusik.

Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Sila Kedua

Pancasila sila kedua berbunyi ‘Kemanusiaan yang Adil dan Beradab’. Pada sila kedua ini ada beberapa nilai yang bisa kita ambil dan pahami.

1.Hak Asasi Manusia

Nilai pertama yang bisa diambil dari sila kedua pancasila ini adalah hak asasi manusia. Setiap manusia di dunia ini memiliki hak dasar yang tidak boleh diganggu gugat oleh siapapun. Kita berhak memperjuangkan hak milik kita dan tidak boleh menganggu atau merampas hak milik orang lain.

2. Saling Menjaga Martabat

Kemanusiaan yang adil dan beradab juga menunjukkan bahwa kita sebagai manusia harus saling menjaga martabat dengan manusia lainnya. Setiap manusia yang hidup di negara ini bahkan di seluruh dunia punya martabat yang harus dihargai. Kita tidak boleh merendahkan manusia lain dan meninggikan diri sendiri.

3. Keadilan bagi Semua Manusia

Sila kedua juga memuat nilai keadilan yang berlaku bagi semua manusia. Keadilan ini harus kita pegang erat dan pahami dengan baik agar kita tidak memperlakukan orang lain dengan seenaknya sendiri. Semua orang sama dan kita harus selalu berpikir sebelum bertindak agar tidak menyakiti perasaan orang lain.

Baca juga : Pengertian, Unsur Pembentuk, dan Fungsi Identitas Nasional

Persatuan Indonesia

Sila Ketiga

Pancasila sila ketiga berbunyi ‘Persatuan Indonesia’. Sila ini paling singkat dibandingkan sila-sila yang lainnya. Berikut adalah nilai-nilai pancasila sila ketiga.

1. Nasionalisme

Setiap warga negara Indonesia harus memiliki rasa nasionalisme. Jiwa nasionalisme harus ditumbuhkan sedini mungkin. Memiliki jiwa nasionalisme akan membuat kita rela melakukan apapun demi menjaga keutuhan negara.

2. Bela Negara

Anda mungkin membayangkan bela negara sebagai aktivitas yang berat dan identik dengan perang. Padahal bela negara bisa dilakukan dari hal-hal yang kecil. Misalnya dengan berusaha sebaik mungkin di bidang yang digeluti dan membuat prestasi di bidang tersebut untuk mengharumkan nama negara.

3. Menjaga Persatuan Bangsa

Jelas sekali bahwa sila ketiga memuat kata persatuan, maka bisa diambil pemahaman bahwa kita harus menjaga persatuan bangsa. Caranya mudah, dimulai dari diri kita sendiri yang menghargai orang lain. Menghargai sesama akan meminimalkan munculnya perselisihan dan membuat bangsa ini semakin bersatu.

Menjaga persatuan juga bisa dilakukan dengan tidak menyulut konflik. Lakukan hal-hal positif yang bisa membuat kita semakin bersatu. Bukan sebaliknya, jangan melakukan hal-hal yang memicu perpecahan diri sendiri dengan orang lain di sekitar Anda.

4. Toleransi

Pada dasarnya toleransi merupakan kunci dari persatuan bangsa. Jika semua warga negara memiliki toleransi yang tinggi maka persatuan bangsa akan terus terjaga. Apalagi warga Indonesia sangat beragam dan berbeda. Sikap toleransi sangatlah dibutuhkan agar persatuan tetap terjaga dengan baik di tengah perbedaan.

Sila KeEmpat Pancasila

Sila Keempat

Pancasila sila keempat yaitu ‘Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.’ Sila ini merupakan sila yang paling panjang dibandingkan 4 sila lainnya. Berikut adalah nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila sila keempat.

1. Musyawarah

Sebagai warga negara, kita sebaiknya menganut konsep musyawarah dalam kehidupan bermasyarakat. Musyawarah ini artinya berdiskusi dengan orang lain sebelum mengambil keputusan. Musyawarah dilakukan agar keputusan yang diambil tidak mementingkan urusan pribadi namun mengutamakan kepentingan bersama.

2.  Demokrasi

Selain musyawarah, nilai demokrasi juga terkandung dalam sila keempat ini. Kita hidup di negara demokrasi dan memiliki kebebasan untuk berpendapat. Namun, pastikan kebebasan berpendapat ini diimbangi dengan rasa peduli terhadap kepentingan bersama, bukan mementingkan diri sendiri.

Penyelenggaraan pemerintahan negara juga menjunjung tinggi prinsip demokrasi. Namun, penyampaian pendapat juga harus dilakukan dengan baik dan sopan. Jangan menyakiti perasaan orang lain karena orang lain juga memiliki hak yang sama untuk berpendapat.

Baca juga artikel ini: Hak dan Kewajiban Warga Negara, Yuk Pahami Lebih Dekat

SIla ke 5 Padi dan Kapas

Sila Kelima

Pancasila sila kelima berbunyi ‘Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.’ Berikut nilai-nilai yang dapat kita pahami dari pancasila sila kelima.

1. Keadilan Berbangsa dan Bernegara

Nilai pertama yang bisa diambil dari sila kelima ini adalah keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Perlu diketahui bahwa keadilan sebagai warga negara harus diperjuangkan dengan baik. Bukan hanya memperjuangkan keadilan untuk diri sendiri namun juga bagi orang lain.

2. Menyelesaikan Kewajiban

Keadilan bisa dirasakan oleh semua warga negara jika setiap warga negara mau menyelesaikan kewajibannya dengan baik. Jika semua orang melakukan kewajiban dengan baik maka hak mereka juga pasti akan terpenuhi. Kondisi ini maka akan menghasilkan keadilan yang bisa dinikmati oleh semua orang secara merata.

3. Saling Menghargai

Keadilan dalam kehidupan berbangsa juga bisa didapat dengan sikap saling menghargai. Kita harus menumbuhkan rasa saling menghargai terhadap sesama. Semua orang sama dan tidak ada yang lebih rendah maupun lebih tinggi. Kita harus menghargai semua orang tanpa merendahkan siapapun.

4. Saling Membantu

Seperti kita tahu di negara kita ini keadilan masih belum bisa dirasakan oleh sebagian orang. Ada golongan orang yang sangat tidak mampu dan ada yang ada di golongan mampu. Sikap saling membantu sesama akan membantu menciptakan keadilan bagi semua orang di Indonesia.

Itulah tadi sahabat daftarpustaka.org nilai-nilai pancasila yang harus kita pahami dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selama kita memahami pancasila dengan baik, kita telah memiliki panduan hidup yang kuat. Kehidupan bernegara di Indonesia akan semakin indah dengan pengamalan pancasila dari semua warga.

Bagikan:

Also Read