Categories: Artikel Umum
| On 4 months ago

Makna, Penggunaan, dan Keutamaan Assalamualaikum

By admin
Share

Umat muslim tentu sangat akrab dengan kalimat assalamualaikum atau assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Berikut akan dibahas mengenai kalimat assalamualaikum wr wb mulai dari makna atau arti assalamualaikum Arab, tulisan Arab Assalamualaikum, hingga keutamaannya.

Pengertian

Ucapan salam bagi umat muslim menjadi suatu hal yang sangat bermakna. Salam tersebut bisa menjadi penyambung tali silaturahmi. Salam juga menjadi salah satu cara untuk menyapa orang lain dengan cara yang lembut dan sopan. Ucapan salam dalam agama Islam berupa assalamualaikum sangatlah penting untuk dipahami.

Kalimat ini mungkin singkat dan sangat mudah untuk diucapkan. Salam ini diucapkan saat kita bertemu dan menyapa orang lain. Salam ini juga bisa diucapkan saat kita memasuki rumah. Bagi umat muslim, kalimat salam ini sunah hukumnya untuk diucapkan dan mereka yang mengucap salam bisa mendapat rahmat serta pahala.

Makna

Kalimat salam yang singkat dan mudah untuk dilafalkan ini ternyata punya makna yang sangat baik. Artinya adalah semoga keselamatan terlimpah untuk Anda. Ini menunjukkan bahwa kalimat salam tersebut juga bisa menjadi doa yang kita panjatkan untuk orang lain yang kita temui.

Menurut kitab Al-Adzkar tulisan dari Imam Nawawi, kalimat salam ini bahkan memiliki makna berdasarkan jenjangnya. Berikut adalah jenjang makna ucapan salam dalam Islam ini.

1. Tanpa Tambahan Apapun

Jika kalimat salam ini diucapkan tanpa tambahan apapun, maka artinya adalah semoga keselamatan terlimpah untuk Anda. Tidak ada larangan untuk mengucap salam seperti ini tanpa imbuhan apapun.

2. Tambahan Warrahmatullah

Jika di bagian akhirnya ditambahi warrahmatullah maka

artinya juga akan berubah. Maknanya adalah semoga Allah melimpahkan keselamatan dan rahmat-Nya untuk Anda. Selain itu kalimat ini juga bisa diartikan semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah untuk Anda.

3. Tambahan Warahmatullahi Wabarakatuh

Lebih panjang lagi, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh juga punya arti yang berbeda. Makna dari ucapan salam ini adalah semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat, dan keberkahan untuk Anda. Bisa juga diartikan semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah kepada Anda.

Baca juga :

Arti dalam Bahasa Arab

Anda bisa lebih memahami kalimat salam ini dengan memahami arti dari kalimat Arab. Berikut adalah tulisan Arab assalamualaikum kata per kata agar lebih mudah untuk dipahami dan diresapi maknanya.

  1. Salam artinya keselamatan.
  2. ‘Alaikum dibagi menjadi dua kata yaitu ‘ala yang artinya untuk dan kum yang artinya adalah kalian.
  3. Wa yang artinya dan.
  4. Rahmatullah yang artinya adalah rahmat Allah.
  5. Barakatuh yang artinya keberkahan-Nya.

Kini Anda sudah tahu kalau kalimat salam yang sederhana itu punya makna yang sangat baik. Setelah mengetahui arti per kata dari kalimat salam, maka Anda bisa semakin menghayati saat mengucap salam untuk orang lain.

Keutamaan

Mengapa kalimat salam ini perlu dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari? Bahkan anak-anak kecil sudah diajari bagaimana cara mengucapkan salam ini dengan baik dan benar. Kebiasaan mengucap salam memang harus ditanamkan karena ada banyak keutamaan yang bisa didapat.

Berikut adalah beberapa keutamaan dari mengucap assalamualaikum kepada orang lain:

1. Menunjukkan Rasa Menghormati

Kalimat salam dalam Islam ini diucapkan sebagai bentuk saling mencintai dan menghormati pada sesama. Meskipun kalimatnya hanya sederhana namun orang yang menerima salam tersebut akan merasa dicintai dan dihormati. Kebiasaan mengucap salam ini akan menjadi salah satu hal yang akan menyatukan semua orang.

2. Menunjukkan Rasa Pasrah kepada Allah

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa arti dari kalimat salam ini adalah semoga keselamatan terlimpah untuk Anda. Ini artinya dengan kita mengucapkan salam maka kita berpasrah kepada Allah yang maha melindungi dan memberi keselamatan. Kita hanya bisa memohon keselamatan dan perlindungan kepada Allah, bukan yang lain.

3. Memberikan Perasaan Aman

Mengucapkan kalimat salam ternyata punya makna yang luar biasa. Salah satunya adalah memberi perasaan aman. Rasa aman dan tenang tentu bisa kita dapatkan saat kita dekat dengan Allah dan selalu mengingat-Nya. Langkah kecil untuk selalu bisa mengingat Allah adalah dengan biasa mengucap salam setiap hari.

4. Mendapatkan Jalan Mudah Menuju Surga

Mereka yang selalu mengucapkan salam kepada sesama muslim, memiliki kemudahan untuk menuju surga. Sebagai umat muslim, tentu kita sangat menginginkan surga sebagai tempat abadi bagi kita setelah meninggal.

Hal ini bisa Anda temukan di HR. Muslim No.54 yang artinya:

“Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman (dengan benar) dan kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai (karena Allah Azza wa Jalla). Maukah kalian aku tunjukkan suatu amal yang jika kalian kerjakan maka kalian akan saling mencintai? Sebarkan salam di antara kamu.”

5. Salah Satu Amalan yang Paling Baik

Allah membuka banyak pintu amalan bagi umatnya. Kita bisa memilih pintu amalan yang paling mudah atau ringan untuk dilakukan. Perlu diketahui bahwa ada banyak amalan kecil dan ringan yang ternyata pahalanya berkali-kali lipat begitu besar.

Salah satu amalan yang paling baik dan ringan namun pahalanya berlipat adalah memberi salam. Berikut adalah bukti hadis yang mendukung pernyataan tersebut:

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin al-’Ash Radhiyallahu anhuma bahwa ada seorang yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Apakah (amal dalam) Islam yang paling baik? Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “(Yaitu) kamu memberi makan (orang yang membutuhkan) dan mengucapkan salam kepada orang (Muslim) yang kamu kenal maupun tidak kamu kenal.” (HSR. Al-Bukhari, no.12 dan 28 dan Muslim no.39)

Artikel menarik lain :

Tulisan Kaligrafi Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Menurut wikipediakaligrafi atau sering disebut sebagai kaligrafi Arab atau seni lukis huruf Arab, merupakan suatu seni artistik tulisan tangan, atau kaligrafi, serta meliputi hal penjilidan“.

Nah berikut ada beberapa gambar tulisan kaligrafi Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Adab Memberi dan Menjawab Salam

Setiap ucapan salam harus dibalas dengan baik dan benar. Kalimat salam Assalamualaikum wr wb perlu dibalas dengan kalimat Wa’alaikumsalam wr wb. Baik memberi maupun menjawab salam perlu dilakukan dengan adab yang benar. Berikut adalah adab memberi serta menjawab salam.

1. Diucapkan dengan Cukup Lantang

Kalimat salam sebaiknya diucapkan dengan suara yang cukup lantang. Hal ini dilakukan agar orang lain bisa langsung mendengar salam yang Anda ucapkan. Mereka bisa langsung tahu kalau ada orang yang memberi salam dan harus dijawab. Meskipun lantang namun pastikan Anda mengucapkannya tanpa diiringi emosi.

2. Iringi dengan Senyuman

Akan jauh lebih baik jika Anda mengiringi salam dengan senyuman. Sebuah kalimat salam bisa menyatukan banyak orang. Salam juga bisa memunculkan rasa saling menyayangi antar sesama. Agar kalimat salam terasa lebih bermakna, jangan lupa untuk tersenyum setiap kali mengucap salam.

3. Menundukkan Kepala

Jika Anda memberi salam kepada orang yang lebih tua, maka akan jauh lebih baik jika ucapan salam diiringi dengan menundukkan kepala. Saat Anda menundukkan kepala maka orang lain akan merasa begitu dihormati. Ini bisa Anda terapkan baik saat memberi salam pada orang yang dikenal maupun orang asing.

4. Tatap Langsung Orang yang Diberi Salam

Jika jarak orang yang diberi salam cukup dekat, maka jangan ragu untuk menatap langsung orang tersebut. Menatap langsung orang yang diberi salam juga menunjukkan etika dan perasaan menghormati.

Itulah tadi sabahat daftarpustaka.org penjelasan mengenai kalimat salam assalamualaikum. Makna yang diambil dari arti kata assalamualaikum Arab bisa kita resapi agar kita semakin semangat memberi salam. Sebarkan salam kepada siapa saja yang Anda temui, baik orang yang Anda kenal maupun orang asing.

admin